• Alamat : Jalan Raya Panglegur KM.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp : +62 324 327248
  • Fax : +62 324 322551
  • Email : info@iainmadura.ac.id

3 Kata Ajaib Cerminan Sikap Yang Baik

Oleh: Anisatul Jannah, IAIN MADURA Prodi Pendidikan Bahasa Arab


 Berbicara 3 kata ini sangat identik dengan sikap atau akhlak. Yang mana dengan akhlak tercerminlah siapa diri kita sesuangguhnya. Dengan akhlak kita bisa menilai kepribadian seseorang, tak tentu lah yang muda kepada yang lebih tua, sebaliknya atau teman sesama teman. Semua dilihat dari akhlaknya. 3 kata ini mungkin untuk sebagian orang menganggap remeh hal tersebut, tidak penting ataupun punya rasa gengsi dll.


Padahal dampak dari 3 kata ini sangat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain. Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Ia bukan hanya mengajarkan manusia membangun hubungan baik dengan Allah sang Maha Pencipta, tetapi juga mengajarkan untuk membangun hubungan baik dengan sesama manusia, bisa memperbaiki hubungan sesama manusia. Bisa saling mempererat tali silaturahim, atau yang dikenal dengan menjaga ukhuwah islamiyah. Tolong, maaf dan terima kasih, itu lah 3 kata ajaib yang menurut saya sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, dampaknya memang tak tampak, karna ada dalam hati dan perasaan.


Berbicara perasaan, eits bukan hanya tentang cinta ya.. Ini tentang rasa kemanusiaan, rasa kepedulian, rasa kehormatan dan rasa saling menghargai satu sama lain. Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu mempedulikan 3 kata ini, tidak terlalu mementingkannya, dan mungkin karna tidak menyadari bahwa pentingnya 3 kata ajaib ini, saya mengatakan 3 kata ini dengan kata 3 kata ajaib karna memang ajaib, kedengarannya sepele, namun dampaknya luar biasa, seperti yang sudah di katakan diawal. Tolong, kata tersebut memberikan dampak tersendiri bagi kehidupan kita, misalnya jika seseorang ingin meminta bantuan, dan orang tersebut mengatakan, “minta tolong/tolong ambilkan tas saya”.


Nah otomatis perasaan yg dimintai tolong itu akan tergerak hatinya ingin menolongnya, karena dalam meminta bantuan kata yang dipakai itu sopan. Menandakan bahwa kita membutuhkan bantuan darinya. berbeda dengan mengatakan, ambilkan tas saya. Kurang sopan, dan seperti tidak terlalu membutuhkannya.


Kita sebagai umat islam, diwajibkan untuk saling tolong menolong, karena untuk mengikat tali silaturahim kita sesama. Namun yang dianjurkan untuk tolong menolong itu dalam kebaikan, tidak untuk tolong menolong dalam keburukan. maka itu dilarang, dan akan mendapatkan dosa.


Sungguh indah jika kita terbiasa hidup dalam suasana saling tolong menolong, karena Islam sendiri telah mengajarkan budaya ini. Allah SWT berfirman, “…Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan…” (QS. Al-Maidah [5] : 2) Maaf, pada saat kita melakukan kesalahan, dan mengatakan “aku minta maaf ya”, secara spontan, dalam hatinya, mungkin seseorang akan menyadari juga kesalahannya sendiri, dan cenderung akan berbalik meminta maaf.


Karena dengan mengucapkan kata maaf, perasaan itu menjadi lembut, dan ingin memaafkan. Sekalipun pada suatu waktu ada perselisihan, dan belum diketahui siapa yang salah, maka alangkah baiknya kita meminta maaf terlebih dahulu, agar masalah tersebut lebih cepat selesai, apalagi kita memang sudah terbukti salah namun tidak mau mengakui kesalahan kita, tidak mau meminta maaf terlebih dahulu maka orang tersebut akan terhalang masuk kedalam surga.


Karena orang tersebut secara tidak langsung, sombong, merasa dirinya sudah yang paling benar, Karena orang yang sombong cenderung tidak akan rendah hati. Dan orang yang dalam hatinya terdapat sifat sombong, meski sebesar biji sawi, dia tidak akan masuk surga.


Meskipun bentuk kesombongan itu teramat kecil. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak masuk surga orang yang di dalam hati ada kesombongan meskipun hanya sebesar biji sawi.” (HR. Muslim) ini menandakan bahwa betapa pentingnya kata tolong, yang terhindar dari perilaku sombong. Terakhir terima kasih, Salah satu bentuk hubungan baik sesama manusia adalah berterima kasih ketika mendapatkan pemberian atau perlakuan baik dari orang lain.


Menyampaikan terima kasih kepada sesama manusia atas kebaikannya bahkan merupakan indikator apakah seseorang bisa bersyukur kepada Allah atau tidak atas nikmat-nikmat dariNya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud; shahih).


Karena ucapan terima kasih darimu dapat menyenangkan orang yang membantumu. Bahwa seseorang dikatakan bersyukur kepada Allah, apabila berterima kasih kepada manusia. Karena secara logika, bagaimana seseorang itu bisa dikatakan selalu bersyukur kepada Allah, sedangkan berterima kasih kepada saudaranya sendiri, dia enggan melakukannya.


Dan jika sudah tidak bersyukur kepada Allah, maka Allah tidak akan menambahkan rezeki-Nya kepada kita. Karena tidak mau mensyukuri nikmat yang Allah berikan pada kita. Pada saat seseorang sudah memberikan bantuan kepada kita, alangkah baiknya kita mengucapkan terima kasih.


Dengan kata itu dalam hatinya akan senang, dia menyadari bahwa bantuan sekecil apapun itu sangat dihargai, dan cenderung jika suatu saat perlu bantuan kembali, dia tidak akan segan-segan membantunya, berbeda dengan tanpa mengucakan terima kasih, kesannya sangat berbeda. Namun, ada satu ucapan terima kasih yang dianjurkan untuk diucapkan kepada sesama muslim, khususnya aktivis dakwah yang sedikit banyak mengerti bahasa Arab. Sebab ia bukan ucapan terima kasih biasa melainkan berisi doa. Oleh Rasulullah, ucapan ini disebut sebagai “pujian setinggi-tingginya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa diperlakukan baik oleh orang lain kemudian ia berkata kepadanya “jazaakallah khairan” (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka ia telah memujinya dengan setinggi-tingginya”. (HR. Tirmidzi, Al Albani berkata: “shahih”) Dengan paparan singkat itu menandakan bahwa 3 kata ajaib itu sangat penting, bahkan bisa menjadi cerminan sikap kita yang baik terhadap sesama. Selaras dengan pesan yang disampaikan oleh ria ricis, salah satu youtuber terkenal, di salah satu vlog nya di youtube dia menyampaikan “Jangan lupa 3 kata, tolong, maaf dan terima kasih, itu penting banget”, tegasnya.

  •  

Kategori Berita

INFORMASI

Download & cetak KTM/KTA sementaraklik disini
Petunjuk Pembayaran BRISklik disini
Cek Username & Password MABAklik disini
Cek NIM Bayarklik disini
Pendaftaran SMS Broadcast Info Kampusklik disini