• Alamat : Jalan Raya Panglegur KM.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : info@iainmadura.ac.id
  • Facebook : IAIN Madura

KOMUNITAS POJOK QOLAM: Ruang Baru dalam Mengasah Keterampilan Menulis Teks Arab Mahasiswa Prodi PAI di IAIN Madura

Pamekasan, (Jum’at, 13 September 2019) iainmadura.ac.id, -Prodi Pendidikan Agama Islam mengadakan kegiatan, yaitu Sosialisasi Pojok Qolam dengan tema “Peningkatan Kemampuan Mahasiswa PAI dalam Menulis Teks Arab” dengan narasumber Bapak Fathorrozy, M.Pd.I., salah satu dosen Prodi PAI IAIN Madura. Acara ini dibuka oleh Bapak Dr. H. Nor Hasan, M.Ag. selaku Wakil Rektor I IAIN Madura.


Dalam sambutannya, Ibu Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I. selaku Kaprodi PAI memberikan apresiasi yang luar biasa dengan adanya sosialisasi Komunitas Pojok Qolam ini sebagai bekal bagi mahasiswa Prodi PAI khususnya semester III, agar mereka mempunyai kompetensi yang bagus dalam hal menulis teks Arab. Karena profesi sebagai guru agama menjadi suatu keniscayaan untuk pandai menulis teks Arab dengan benar dan bagus. 


Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Bapak H. Zainul Hasan, M.Ag., menambahkan bahwa “kemampuan menulis teks Arab mahasiswa PAI akan semakin menjadikan mereka matang, mantap dan maknyus. Dan kalau nanti ada lomba kaligrafi, saya berharap pemenangnya dalah mahasiswa Prodi PAI”. Selain itu, saat membuka acara Wakil Rektor I, Bapak Dr. H. Nor Hasan, M.Ag, menegaskan tentang pentingnya mengasah kemampuan menulis teks arab, karena ini merupakan kompetensi dibidang psikomotoriknya. Sedangkan kompetensi kognitif dan afektifnya diperoleh dari kemampuan dalam menghafal al-Quran juz 30.


Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Wakil Rektor I sekaligus Pembina Aktualisasi CPNS, Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Kaprodi PAI sebagian dosen Prodi PAI serta mahasiswa prodi PAI semester III. Acara sosialisasi Komunitas Pojok Qolam tersebut diadakan dengan maksud memberi ruang bagi mahasiswa PAI dalam hal tulis-menulis khususnya menulis teks Arab, karena mahasiswa IAIN apalagi Prodi PAI harus bisa dan pandai menulis Arab. Begitu penegasan yang disampaikan oleh moderator, yaitu Dawiyatun, M.Pd. sebelum memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada pemateri untuk menyajikan materinya secara detail.


Sebagian besar mahasiswa cukup antusias mengikuti acara tersebut, terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir serta keaktifan mereka saat diberi kesempatan untuk bertanya. Pemateri, Bapak Fathorrozy menyampaikan perihal tatacara belajar menulis teks arab melalui Komunitas Pojok Qolam dengan cara mendaftar terlebih dahulu di pojokqolam.blogspot.com. Pembelajarannya bisa dilakukan secara online, namun sesekali akan diadakan secara langsung.


Dengan diadakannya acara sosialisasi Komunitas Pojok Qolam ini, semoga kemampuan menulis teks Arab mahasiswa PAI semakin terasah dengan baik dan semoga IAIN Madura ke depannya selalu mengalami progress terutama dalam melahirkan output yang memiliki kompetensi sesuai bidang keilmuan yang ditekuni.(Daw/humas)

  •