• Alamat : Jalan Raya Panglegur KM.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : info@iainmadura.ac.id
  • Facebook : IAIN Madura

Yudisium Fatar Semester Ganjil periode II

Pamekasan. 30/11/2019. Fakultas Tarbiyah  (Fatar) IAIN Madura punya hajat sebagai rangkaian akhir kegiatan akademik semester ganjil tahun akademik 2019/2020 dalam rangkaian Yudisium Semester Ganjil  periode II. Acara yang dimulai dengan bacaan basmalah pukul 08.00 dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci alquran oleh Ibu Fithriyah Rahmawati, M.Pd (CPNS Dosen bahasa Inggris). Acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Tim Paduan suara Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dilanjutkan dengan pembacaan SK Yudisium oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah Dr. Mohammad Thona, M.Pd.I. langsung penyerahan SK Yudisium oleh Dekan kepada masing-masing Kaprodi di lingkungan Fakultas Tarbiyah.


Sambutan Dr. H. Atiqullah, M.Pd. selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menegaskan bahwa “Fakultas Tarbiyah sudah berkomitmen menjadi fakultas yang profetik yakni menjadikan Rasulullah sebagai sandaran dan acuan perilaku di dalam dan di luar kampus sebagai seorang pendidik”. Ulas Pak Atik “Yudisium merupakan akhir dari proses rangkaian kegiatan akademik untuk menyandang gelar sarjana setelah menjalani, PBAK, Kuliah, UTS, UAS, praktikum, pengabdian masyarakat dalam KPM dll., juga penelitian yang diwujudkan dalam penyusunan skripsi.” “Mahasiswa yang diyudisium kali ini bermacam-macam ada yang lulus 3,5 tahun, 4 tahun, 5 tahun, bahkan ada juga yang 14 Semester (7 Tahun). Berapapun lamanya pendidikan yang pasti kini telah sampai pada pelabuhan akhir dengan peredikat lulus atau diluluskan” candaan pak Atiq selaku Dekan Fatar yang disambut dengan tepuk tangan dan teriakan yang meriah dari peserta Yudisium.


Kabar baik bagi para yudisiawan yang disampaikan oleh Dekan Fatar bahwa “pada tahun 2020 IAIN Madura khususnya Fakultas Tarbiyah mendapat amanah dan siap menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGDJ).


Rasa bahagia disampaikan beliau atas kelulusan para mahasiswa Fatar dan karena berkurangnya beban Fakultas Tarbiyah dalam proses akademik. “Sekarang ini pendidikan telah memasuki era disrupsi (perubahan mendasar dalam teknologi pendidikan) baik pembelajaran, kurikulum, evaluasi dan lain-lain harapannya semua alumni fatar yang saat ini telah diyudisium mampu beradaptasi untuk mewujudkan pembelajaran efektif khususnya seperti proses pembelajaran yang telah diajarkan oleh Rasulullah karena perilaku guru tidak bisa digantikan oleh jenis dan bentuk teknologi apapun.” tegas dekan Fatar dalam sambutannya. Hal ini disampaikan agar harapan dan impian menjadi Fakultas yang profetik segera terwujud.


Dalam sambutannya pak Atiq juga menyampaikan permohonan maaf tidak mampu memberi lebih dalam proses pendidikan di Fatar IAIN Madura kecuali nilai-nilai karakter yang akan diejawantahkan di masyarakat sebagi pendidik dan tenaga kependidikan di masyarakat. Mampu menjadi Pioner perubahan pendidikan yang moderat, plural, dan mendamaikan sehingga terwujud Islam santri rohmatan lil’alamin.


Pesan beliau jangan pernah berhenti belajar,  jangan hanya dikampus, tapi jadikan segala sesuatu disekeliling kita menjadi media dan sarana belajar. Beliau juga menyampaikan satu ayat tentang kunci sukses yang ada pada surat ali Imron ayat 200 “ishbiru wa shoobiru wa roobithu wattaqullah la’allakum tuflihuun” bahwu kunci sukses (beruntung) ada tiga yaitu Shobiruu (Sabar), Wa roobithu (tekun), dan wat taqullah (bertaqwa).


Jumlah peserta yudisum gelombang ini terdiri dari 276 Peserta dari Program studi PAI, PBA, TBI, MPI, PBIN, PIAUD, dan BKPI.


Sebelum acara diakhiri diselingi dengan pemberian penghargaan kepada yudisiawan terbaik masing-masing prodi. Berikut nama-nama yudisiawan terbaik masing-masing prodi di Fakultas Tarbiyah.



  1. Rosalina Afdalipah (PIAUD) dengan IPK. 3,73

  2. Yesi Lusiawati (MPI) dengan IPK. 3,69

  3. Aisyah Firdausi (BKPI) dengan IPK. 3,66

  4. Faidlah Ardiyani (PAI) dengan IPK. 3,56

  5. Dewi Raragita Septinia (PBA) dengan IPK 3,56

  6. Nizar Indra Mu’thi (TBI) dengan IPK 3,47

  7. Toyyibah (TBIN) dengan IPK. 3,46


Selamat kepeda seluruh yudisiawan Fakultas Tarbiyah IAIN Madura periode 2 semester ganjil tahun akademik 2019/2020.


Rangkaian acara yudisium kali ini diakhiri dengan doa yang dibaca oleh Drs. KH. Zainol Hasan, M.Ag. selaku Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah…/ (AFAA).


 

  •