Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Kuliah Tamu Jurusan Syariah dengan Tema Kegiatan: Penguatan Keluarga Sakinah Melalui Program KPM Integratif 2016

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 8 Juni 2016
  • Dilihat 36 Kali
Bagikan ke

PAMEKASAN – Pada tanggal 03 Juni 2016 bertempat di ruanng multicenter berlagsung seminar/kuliah tamu Jurusan Syariah : Tema Kegiatan: Penguatan Keluarga Sakinah Melalui Program KPM Integratif 2016. Hadir pada acara tersebut sekaligus memberikan sambutan Kepala P3M STAIN Pamekasan, Kajur Syariah STAIN Pamekasan, Kaprodi Ahwal al-Syakhshiyah dan Kalab. Syariah STAIN Pamekasan, Nara Sumber : Ahmad Zayyaduz Zabidi (KASI BIMAS KEMENAG Pamekasan) dengan peserta Calon Peserta KPM Integratif (Mahasiswa Prodi Ahwal al-Syakhshiyah)

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal kepada calon peserta KPM Integratif yang akan melaksanakan KPM dan Pemagangan kesyariahan di beberapa KUA di lingkungan Kemenag. Kabupaten Pamekasan pada tanggal 17 Juli-16 Agustus 2016. Materi yang disampaikan oleh Kasi Bimas Kemenag. Pamekasan merupakan pengenalan secara umum tentang ke-KUA-an agar supaya nanti ketika pelaksanaan KPM Integratif peserta KPM dapat melaksanakan kegiatan di KUA dan melasksanakan kegiatan KPM di Masyarakat sekitar KUA dengan baik. Untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang Ke-KUA-an mhasiswa akan diberikan pembekalan khusus sesuai kelompok yang telah dijadwal oleh P3M, sebelum mahasiswa diterjunkan ke Lokasi magang dan KPM.

Hal-hal pokok yang disampaikan oleh Kasi Bimas Kemenag. Pamekasan kepada calon peserta KPM Integratif ini meliputi tugas dan alur kerja pada setiap devisi/bagian di KUA, organ-organ pelaksana, tata cara pendaftaran nikah (SIMKAH) dan gerakan keluarga sakinah. Tentang Kelurga Sakinah ini yang menjadi penekanan dalam pelaksanaan kuliah tamu kali ini, karena program inilah yang secara terencana menjadi tema utama dalam KPM Integratif, karena itulah mahsiswa diharap mampu merealisaikan program kelurga sakinah bersama-sama dengan masyarakat, karena program ini merupakan amanah bersama yang harus direalisasikan sesuai dengan yang sudah dicanangkan pemerintah.