Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pembukaan KPM Kolaboratif II, Rektor Targetkan Bidang Sosial Keagamaan, Sosial Ekonomi dan Literasi Kesehatan - Lingkungan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Sabtu, 8 Juli 2023
  • Dilihat 11 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Pada Jum’at malam (07/07) KPM Kolaboratif II Tahun 2023 resmi dibuka oleh Rektor di Auditorium IAIN Madura. KPM Kolaboratif kali ini diikuti oleh mahasiswa dari 4 PTKI wilayah Jawa Timur (IAIN Madura, UINSA Surabaya, UIM Pamekasan, INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep). Turut hadir pada acara pembukaan para Kepala LP2M dari empat perguruan tinggi peserta KPM Kolaboratif II, hadir juga Dekan Fakultas Tarbiyah dan Wakil Dekan II Fakultas Syariah IAIN Madura.

Dalam sambutannya Saiful Hadi, selaku Rektor menyampaikan bahwa KPM Kolaboratif II diarahkan untuk menumbuhkan situasi dan kondisi lingkungan masyarakat agar menjadi lebih baik terutama dalam hal sosial keagamaan, pemerataan ekonomi, kesehatan dan kebersihan. 

“Bahwa pada kegiatan KPM/KKN ini, ada sesuatu yang mandatori sebagai tolak ukur keberhasilan terutama 4 aspek yang harus dilakukan sebagai spirit kolaborasi kelembagaan PTKI yg bernafaskan Islam: pertama, sosial keagamaan adalah bagaimana spirit keagamaan yang moderat (Islam yang rahmatan lil ‘alamiin) bisa ditanamkan di masyarakat. Kedua, sosial ekonomi, agar mahasiswa bisa berinovasi dan berkreasi sehingga bisa membangun keadaan sosial ekonomi masyarakat menjadi lebih baik lagi. Ketiga, spirit kesehatan, agar mahasiswa-mahasiswa yang terpilih ini bisa menurunkan angka stunting yang ada di masyarakat. Keempat, semangat literasi lingkungan, terutama kebersihan daerah-daerah pesisir pantai menjadi perhatian penting agar masyarakat sadar dengan kebersihan lingkungan mereka”. Ungkap Rektor IAIN Madura.

Sebelum diterjunkan ke lapangan pada Minggu (09/07) para peserta mendapatkan pembekalan materi pada hari Sabtu (08/07). Materi pertama oleh Tim dari UINSA Surabaya tentang Paradigma Aset, Langkah ABCD (Asset-Based Community Development), Teknik Apresiasi Komunikatif, Teknik Pemetaan Aset. Materi kedua setelah ishoma tentang Teknik Analisis Aset, Teknik Menyusun Rencana Program, Teknik Monev dan Pelaporan. Setelah ishoma pada jam 19.00 – 21.00 WIB pembekalan dilanjutkan dengan materi tentang Kearifan Lokal Madura dan Deskripsi Lokasi Pengabdian oleh Tim IAIN Madura.

Sebanyak 106 peserta KPM Kolaboratif II Tahun 2023 akan diberangkatkan serentak secara seremonial pada Minggu pagi (09/07). Rencananya Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. akan melepas peserta secara langsung di kampus IAIN Madura menuju lokasi. Diantaranya Posko 1 (Desa Klampar, Proppo) dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): Zainatul Mufarrikoh, M.Si., sebanyak 18 peserta; Posko 2 (Desa Payudan Daleman, Guluk-guluk) dengan DPL: Dr. Afifullah M.Sc., sebanyak 17 peserta; Posko 3 (Desa Dharma Tanjung, Camplong) dengan DPL: Mohammad Imam Sufiyanto, S.Si., M.Pd., sebanyak 17 peserta; Posko 4 (Desa Branta Pesisir-Tlanakan) dengan DPL: Dr. Ainurrahman Hidayat M.Hum., sebanyak 18 peserta; Posko 5 (Branta Tinggi-Tlanakan) dengan DPL: Luthfatun Nisa' M.Pd., sebanyak 18 peserta; Posko 6 (IBS Padepokan Kyai Mudrikah-Larangan) dengan DPL: Nisa'el Amala, M.Pd., sebanyak 18 peserta.

(AF/Humas IAIN Madura)