Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

PBAK IAIN Madura 2023 akan Segera Dilaksanakan, Berikut Jadwal dan Kegiatan Acaranya

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Jumat, 11 Agustus 2023
  • Dilihat 71 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Menyambut datangnya mahasiswa baru, IAIN Madura akan menggelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2023 di lingkungan kampus dengan tema “Memperkokoh Peran Mahasiswa dalam Menguatkan Nilai Moderasi, Religius dan Ramah Lingkungan”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 13-17 Agustus 2023.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. H. Mohammad Ali Alhumaidy, M.Hum., dalam arahannya mengatakan bahwa pelaksanaan PBAK Tahun Akademik 2023/2024 harus bebas dari pungli, tidak ada unsur kekerasan baik fisik maupun non-fisik, dan materi yang disampaikan harus selaras dengan program moderasi beragama.

“Pokoknya pelaksanaan PBAK untuk tahun ini tidak boleh ada pungli, perploncoan, dan juga bisa menciptakan budaya/kultur akademik yang kritis, mampu mengembangkan tradisi riset dan berkarakter bagi mahasiswa baru”, jelas beliau dalam arahannya. 

Sementara itu Ketua Pelaksana PBAK 2023, Busahwi, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia melalui sosialisasi dan koordinasi dengan pimpinan Rektorat, Fakultas, Sema dan Dema di lingkungan IAIN Madura. 

“Untuk persiapan insya Allah sudah 95 persen secara umum dan kita sudah koordinasikan dengan semua Pimpinan baik Rektorat, Fakultas serta Sema atau Dema”, ungkapnya.@ Busahwi juga menjelaskan bahwa waktu kegiatan PBAK Tahun 2023 dimulai pukul: 07.00 sampai acara kegiatan berakhir pukul: 16.00 WIB. Adapun rangkaian kegiatan PBAK tahun 2023 secara umum diantaranya: hari pertama, Minggu (13/08) Pra PBAK yaitu pengenalan kepada peserta mahasiswa baru terkait pedoman dan tata tertib kegiatan selama pelaksanaan PBAK.

Hari kedua dan ketiga (14-15/08) yaitu pengenalan budaya akademik tingkat Fakultas mulai dari Dekanat, pedoman pendidikan dan alur perkuliahan, program studi, hingga himpunan mahasiswa yang ada di masing-masing Fakultas IAIN Madura. Sedangkan Rabu-Kamis (16-17/08) yaitu pengenalan budaya akademik tingkat institut mulai pengenalan lembaga dan UPT, termasuk organisasi mahasiswa, UKK/UKM yang ada di lingkungan IAIN Madura, materi tentang moderasi beragama serta penutupan acara kegiatan PBAK pada Kamis (17/08).

Semua rangkaian kegiatan PBAK ini diharapkan bisa berjalan dengan lancar, sukses dan semoga bisa memberikan manfaat bagi seluruh civitas akademika IAIN Madura.

(AF/Humas IAIN Madura)