Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Penandatanganan MoU dan PKS dengan BPS Kabupaten Pamekasan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 21 Agustus 2023
  • Dilihat 18 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Untuk meningkatkan kualitas riset dan layanan akses data statistic, IAIN Madura melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pamekasan pada Rabu (16/08/2023) yang ditempatkan di Aula Mini Perpustakaan IAIN Madura. Hadir pada kegiatan ini diantaranya Rektor, pimpinan fakultas, kepala perpustakaan, kepala LP2M, Humas, beserta pustakawan dan perwakilan dari unit lembaga di lingkungan IAIN Madura.

Kepala BPS Pamekasan, Ir. Irwan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan MoU dan PKS ini dilakukan untuk bisa menghadirkan layanan khusus dari BPS Pamekasan terkait data statistic ke IAIN Madura. “Perlu diadakan layanan khusus BPS ke kampus mengingat secara nasional data pengguna BPS adalah civitas akademik, bahkan untuk wilayah Pamekasan sebanyak 30-33% penggunanya adalah mahasiswa”, jelasnya. Dia juga menambahkan bahwa layanan yang akan diberikan tidak hanya sebatas data statistic saja tapi BPS akan memberikan layanan konsultasi terkait metodologi dan analisis-analisisnya, sehingga bisa sesuai dengan data yang ada. “selain itu kami juga akan memberikan layanan konsultasi langsung terkait metodologi dan analisanya”, tambahnya.

Sementara itu Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. menyambut baik adanya MoU dan PKS dengan BPS Pamekasan karena kita bisa memiliki pojok statistic di IAIN Madura, selama ini kita kebingungan terkait kebutuhan data yang berkaitan dengan pusat statistic. “Alhamdulillah yang selama ini kita bingung untuk mencari kantornya, maka saat ini ‘kantor BPS’ beserta isinya bisa kita pindah ke IAIN Madura”, sambut pak Rektor. Saiful Hadi juga meminta kepada Kepala Perpustakaan untuk memberikan “corner” khusus BPS di perpustakaan sebagai tambahan dari empat “corner” khusus yang sudah ada sebelumnya. “Kenapa kita pilih diletakkan di perpustakaan, karena perpustakaan sebagai jantung akademik”, imbuhnya. Dengan harapan perpustakaan bisa memberikan layanan prima terkait kebutuhan sumber belajar mahasiswa.

Disamping itu harapan Rektor dengan adanya penandatanganan PKS ini bisa melahirkan masyarakat kampus yang lebih banyak memahami secara terstruktur tentang keterampilan melakukan survey, keterampilan melakukan penelitian dan melakukan analisis data statistic. Dan beliau juga berharap kedepan dengan adanya akses informasi yang lebih luas dan terbuka bisa melahirkan para peneliti muda yang lebih produktif, sehingga bisa meningkatkan kualitas SDM kita. “Ekspektasi kami dengan adanya nota kerja sama ini, diharapkan bisa melahirkan orang-orang yang bisa melakukan survey, penelitian dan keterampilan melakukan analisis data statistic secara terstruktur”, pungkasnya. 

(AF/Humas IAIN Madura)