Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

IAIN Madura Perkuat Kerja Sama Luar Negeri dengan KBRI Malaysia, Rektor: Bentuk Kepedulian Kita terhadap Pendidikan Warga Madura di Malaysia

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 5 September 2023
  • Bagikan ke

Kuala Lumpur, Malaysia – IAIN Madura kembali melaksanakan penandatanganan kerja sama internasional yaitu dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Malaysia pada Senin (04/09/23). 

Penandatanganan ini dilaksanakan di kantor KBRI Kuala Lumpur Malaysia yang ditandatangani langsung oleh Rektor, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., dengan didampingi Ketua Internasional Office IAIN Madura, Muhammad Taufiq, Ph.D., serta dari atase pendidikan dan kebudayaan KBRI Malaysia oleh Prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP., M.Si. 

Dalam keterangannya Saiful Hadi, menjelaskan bahwa kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat kerja sama luar negeri serta melakukan percepatan dan penguatan kelembagaan IAIN Madura khususnya dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, baik yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dengan kerangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Atas kesepakatan bersama ini juga, IAIN Madura dan KBRI Malaysia menyetujui kerja sama khusus yaitu dalam hal akses pendidikan tinggi bagi anak pekerja migran Indonesia di Malaysia. “Kerja sama ini dalam rangka memperkuat Tri Dharma Pergurun Tinggi, terutama dalam bidang pendidikan sebagai bentuk kepedulian kita kepada masyarakat Madura yang ada di Malaysia”, ungkap Rektor.

Sementara itu dari pihak KBRI Malaysia melalui atase pendidikan dan kebudayaan memberikan sambutan dan dukungan yang sangat baik atas dilaksanakannya kegiatan KKN internasional yang dilakukan beberapa bulan lalu oleh 6 mahasiswa IAIN Madura yang dikirim ke Malaysia bersamaan dengan kegiatan ekonomi di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Bahkan pihak KBRI melalui MoU ini berharap agar dapatnya kegiatan tersebut dilaksanakan secara terstruktur dan sistemik melalui program-program perguruan tinggi. KBRI Malaysia juga memfasilitasi rencana pengiriman putra-putri Indonesia yang lahir di Malaysia untuk mendapatkan akses pendidikan di Indonesia khususnya di Madura yaitu IAIN Madura. “Kami siap memfasilitasi dan berharap IAIN Madura berkenan menampung dan memberikan layanan pendidikan yang cukup bagi anak Indonesia yang lahir di Malaysia”, pungkasnya.
   
(AF/Humas IAIN Madura)