Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Upacara Hari Santri Nasional Tahun 2023 dan Pembukaan Expo Kemandirian Pesantren

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 25 Oktober 2023
  • Dilihat 22 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada Senin (23/10) pagi di halaman Gedung Rektorat IAIN Madura. Selayaknya kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (22/10), hal ini dikarenakan pada hari Minggu digelar Sidang Terbuka Senat IAIN Madura dalam rangka Wisuda Sarjana Ke-37 dan Magister Ke-17.

Dalam Upacara HSN Tahun 2023 yang mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” Rektor IAIN Madura Saiful Hadi bertindak sebagai Pembina upacara. Dalam amanahnya beliau merefleksikan bagaimana semangat dan perjuangan para santri yang begitu membara setelah KH. Hasyim Asy’ari mengeluarkan fatwa resolusi jihad pada 22 Oktober 1945. Pada masa sekarang sebagai generasi penerus perjuangan santri, wajib merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

“pada hari ini, kita memaknai jihat bukan mengangkat senjata untuk berperang, tapi jihad santri masa kini adalah jihad intelektual. Bagaimana jihad masa kini bisa mengatasi persoalan-persoalan social, harus mampu menumbuhkan kemandirian dalam hal ekonomi”, jelas Rektor.

Dengan semangat hari santri Rektor juga menyampaikan dua harapan: “Pertama, agar kita semua menjadi pelaku dan penikmat Pembangunan tidak hanya sekedar menjadi penonton kemajuan pembangunan di negeri ini. Kedua, semoga kedepannya IAIN Madura bisa memberikan layanan dalam bidang pendidikan menjadi lebih baik lagi serta bisa memberikan kontribusi lebih bagi bangsa dan negara Indonesia, khususnya masyarakat Madura”, harap Saiful Hadi.

Di akhir sambutannya Saiful Hadi mengapresiasi beberapa mahasiswa IAIN Madura yang berprestasi dalam kegiatan lomba sekaligus pemberian penghargaan kepada mereka. “Kami bangga kepada saudara yang hadir pada upacara peringatan hari santri kali ini, utamanya kepada mahasiswa yang berprestasi yang telah membawa nama baik IAIN Madura”, tutup Rektor.

Setelah sambutan Rektor kegiatan selanjutnya adalah pembacaan Resolusi Jihad oleh Kepala Biro IAIN Madura Dr. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I. dan ditutup dengan doa oleh Wakil Rektor II Dr. Buna’i, S.Ag., M.Pd. Turut hadir dalam Upacara HSN Tahun 2023 Para Wakil Rektor, Para Dekan/Wakil Dekan Fakultas, Direktur/Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Madura, Pejabat Eselon III/IV, Kepala Unit/Lembaga, seluruh ASN dan tenaga kontrak di lingkungan IAIN Madura.

Setelah Upacara HSN 2023 selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pembukaan secara seremonial rangkaian kegiatan HSN 2023 oleh Wakil Rektor III Dr. H. Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si. diantaranya: Expo dan Bazar Kemandirian Pesantren, Lomba Orasi 4 Bahasa (Indonesia, Madura, Arab, Inggris), Seminar HSN 2023. Dalam sambutannya Warek III menyampaikan “bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan instruksi Menteri Agama kepada semua PTKIN di Lingkungan Kementerian Agama untuk menyemarakkan HSN 2023 dengan menyelenggarakan Expo atau Pameran berkaitan dengan usaha kemandirian Pesantren, khususnya pesantren yang mendapatkan dana Inkubasi. Rangkaian kegiatan ini akan dinilai oleh panitia dan dilaporkan kepada Menteri Agama”, ungkap Malhum (sapaan akrab Warek III).

(AF/Humas IAIN Madura)