Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi bagi Mahasiswa IAIN Madura Tahun 2023

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 15 November 2023
  • Bagikan ke

Mojokerto - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menyelenggarakan kegiatan Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi bagi Mahasiswa IAIN Madura Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 13-15 November 2023 di Hotel Arayanna Trawas Mojokerto.

Kegiatan yang berorientasi pada peningkatan Literasi Menulis mahasiswa ini menghadirkan beberapa orang narasumber dari internal IAIN Madura yang telah diakui secara nasional sebagai reviewer dan pengelola jurnal bereputasi Sinta 1 yaitu: Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil. (Ketua Rumah Jurnal IAIN Madura); Harisa, S.Esy., M.Sy.; Abd. Hannan, M.Sosio.; Dr. Mohammad Hamim Sultoni, M.A.B.; Dimas Danar Septiadi, M.Pd., turut hadir dalam kesempatan ini juga para pimpinan mulai Rektor IAIN Madura Dr. Saiful Hadi, M.Pd., Wakil Rektor I Prof. Dr. Maimun, S.Ag., M.H.I., Warek II Dr. Buna'i, S.Ag., M.Pd., dan Ketua Panitia Kegiatan Warek III Dr. Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si., Bagian Perencanaan Fakhrur Raji, M.E., Tim Humas Achmad Firdausi, M.Pd.I. - Abdussukur, S.Pd. - Zainal Abidin, M.H., Bagian Kerja Sama Raden Mohammad Maulidi Akbar, S.Kom.



 

Peserta kegiatan ini adalah perwakilan mahasiswa sebanyak 40 orang dari semua program studi yang ada di empat fakultas termasuk juga program studi magister pada Pascasarjana dengan persyaratan membawa artikel yang telah diseleksi oleh masing-masing Kaprodi. Sedangkan format materi yang disampaikan selama tiga hari yaitu dalam bentuk penyampaian materi tatap muka, pembagian kelompok sesuai tema untuk mempresentasikan artikel masing masing, kemudian evaluasi/revisi dan representasi ulang.



 

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi, Warek III menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada civitas akademik yang telah menyukseskan kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan mulai dari seleksi artikel mahasiswa perprodi sehingga terpilih artikel yang terbaik. "Saya sampaikan terima kasih kepada para Kaprodi yang telah membantu menyeleksi artikel mahasiswanya dan para panitia yang telah membantu suksesnya acara termasuk lima orang fasilitator yang meluangkan waktu mendampingi peserta," sambut Warek III.



 

Lebih lanjut Malhum (sapaan akrab Warek III) menyampaikan dari kegiatan ini diharapkan mampu melahirkan mahasiswa yang bisa menjadi pilot project untuk mahasiswa yg lain dan mampu menulis artikel pada jurnal bereputasi baik nasional maupun internasional. "Setelah selesai dari kegiatan ini, saya harap kalian bisa menularkan tata cara penulisan ini kepada teman mahasiswa yang lain dan menghasilkan karya ilmiah pada jurnal nasional maupun internasional," tegas Malhum.


Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Maimun pada sesi evaluasi dan tindak lanjut, dimana 40 peserta Madrasah Penulisan Jurnal Bereputasi dapat berkolaborasi dengan mahasiswa yang lain agar tulisannya semakin bermutu serta bisa terpublish pada jurnal minimal sinta 3 untuk menjadi syarat lulus tanpa membuat tugas akhir atau skripsi. "Artikel yang bagus itu adalah artikel yang ditulis oleh lebih dari satu orang jd mereka yang mampu berkolaborasi dengan penulis yang lain, agar kualitas tulisannya semakin bermutu, sedangkan jika ingin dijadikan syarat lulus maka harus terpublish pada jurnal sinta 3," terang Prof. Maimun.

(Achmad Firdausi / Humas)