Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pelepasan Perserta KPM 2015

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 23 Juli 2015
  • Dilihat 12 Kali
Bagikan ke

Ketua STAIN Pamekasan, Dr. H. Taufikurrahman, bersama Bupati Pemekasan, Achmad Syafi’i melepas mahasiswa STAIN Pamekasan di Pendopo Roggosukowati. Sebanyak 459 mahasiswa akan diterjunkan dalam kegiatan Kuliah Pengabdian kepada Masyarakat (KPM) di lima kecamatan meliputi kecamatan Kadur, Pegantenan, Pakong, Waru, dan Pasean yang tersebar dalam 39 desa (23/07/2015).

Pelepasan ini dimulai pukul 8 WIB.  Sebanyak 40 Koordinator Desa (Kordes)  ikut serta dalam acara ini. Wakil Ketua I,II dan III beserta panitia KPM yang terdiri dari Pengelola Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) dan sejumlah camat dan kepala desa hadir dalam kegiatan tersebut.

Masih dalam nuansa idul fitri bupati dan ketua STAIN saling meminta maaf. Silaturrahim ini diharapkan mampu meningkatkan hubungan dan kerja sama yang baik antara STAIN dan pemerintah kabupaten Pamekasan. Bupati menyambut baik program KPM ini guna mendukung program pemerintah kabupaten Pamekasan sebagai kota pendidikan.

Setelah acara di pendopo Ronggosukowati, pelepasan dilakukan oleh ketua STAIN Pamekasan pukul 10.00 WIB di auditorium. Semua mahasiswa KPM gelombang I ini diharapkan mampu memberdayakan masyarakat melalui sejumlah kegiatan yang bermanfaat sebagaimana arahan dalam pembekalan oleh Dosen Pembimbing Lapangan.
KPM partisipatif merupakan bagian dari kurikulum pendidikan pada STAIN Pamekasan dan wajib diikuti oleh mahasiswa dengan bobot 4 sks. Hanya mahasiswa yang telah menyelesaikan 105 sks yang boleh mengikuti kegiatan ini. Tahapan kegiatannya meliputi pembekalan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi.

Dalam melaksanakan KPM partisipatif ini, setidaknya mahasiswa harus memahami metodologi PAR (parsipatory Action Research) dan teknik PRA (Participatory Rural Appraisal) serta POSDAYA Masjid. Mahasiswa harus mampu meneliti kondisi masyarakat, membangkitkan partisipasi masyarakat, dan menjadikan masjid sebagai basis kegiatannya.

Menurut Ketua P3M, Dr. Ainur Rahman Hidayat, M.Hum Gelombang I terdiri dari mahasiswa jurusan tarbiyah dengan prodi PAI, PBA, dan TBI. Gelombang II diikuti oleh mahasiswa jurusan Syari’ah dengan prodi AHS dan PBS.  Gelombang kedua akan diikuti oleh 343 mahasiswa yang tersebar di 3 kecamatan 23 desa. Sebanyak 66 dosen ikut diterjunkan sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL).