Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pembinaan Karakter Bagi Siswa SMP, SMA dan SMK Negeri Kabupaten Pamekasan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 25 Agustus 2015
  • Dilihat 23 Kali
Bagikan ke

Pendopo Ronggo Sukowati, Senin 24 Agustus 2015, Program pembinaan karakter siswa SMP, SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Pamekasan terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Pamekasan dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Penyelenggaraan program ini merupakan implementasi Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, yang menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Secara umum, pembinaan karakter bangsa bertujuan untuk: Menumbuhkan dan memperkuat jati diri bangsa, menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta membentuk manusia dan masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia dan bangsa yang bermartabat. Secara khusus, kegiatan pembinaan karakter siswa SMP, SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Pameaksan ini bertujuan untuk meningkatkan pencapaian pembentukan karakter siswa secara utuh, terpadu dan seimbang. Melalui pembinaan karakter ini, diharapkan siswa mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.

Adapun nara sumber yang akan memberikan materi dalam kegiatan tersebut adalah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, pejabat struktural pada Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan dan Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan dengan lingkup tema diantaranya adalah: Keagamaan, Kejujuran, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Kamunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pamekasan, Drs. H. Achmad Syafi’i, M.Si dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pamekasan, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Pamekasan dan Para Pimpinan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan.

Dalam sambutannya Bupati Pamekasan menghimbau pada seluruh SKPD terkait dan Kepala Sekolah agar supaya menseriusi program “Pembinaan Karakter Siswa” ini agar supaya Kabupaten Pamekasan yang memiliki jargon GERBANGSALAM betul-betul dapat mengaktualisasikan gerakan formalisasi Syari’at Islam sehingga Pamekasan menjadi Kabupaten yang besas tindakan asusila, narkoba dan minuman keras. Disamping itu, Bupati pamekasan juga menghimbau pada seluruh Kepala Sekolah agar supaya ikut andil dalam memberikan evaluasi terhadap kegiatan ini sehingga pada tahun-tahun berikutnya dapat direvisi dan dikaji ulang untuk meningkatkan kualitas program yang lebih bermakna dan implementatif.