Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Seminar International "Motivating Young Learners through meaningful activities" Oleh Andrea Bossecker

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 10 September 2015
  • Dilihat 14 Kali
Bagikan ke

Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) STAIN Pamekasan, sebagai salah satu unit kampus yang berlabel Islam ini, menggelar kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya, yakni seminar Internasional, yang pada tahun ini secara khusus mendatangkan narasumber dari University of Education Edinburg, pada fakultas Elementary Teaching). Adapun tema yang diusung kali ini adalah ´“Motivating Young Learners through meaningful activities”, tema tersebut dianggap cukup menarik untuk diangkat dengan tujuan memberikan gambaran kepada pendidik serta calon pendidik bagaimana mempersiapkan kelas serta managemen kelas, sehingga nantinya dapat membekali diri mereka dalam kegiatan proses belajar mengajarnya.

Dalam pemaparannya narasumber memberikan gambaran secara rinci baik dari sisi foprmal maupun non formal, dimana dia mengatakan bahwa semestinya pemerintah mengatur bahwa anak-anak wajib mengenyam pendidikan formal. Apapun jenis sekolah yang dipilih orangtua sebenarnya tidak selalu menjamin anak akan menikmati waktu belajarnya. Di sinilah tugas Anda untuk menumbuhkan rasa gemar belajar pada sang buah hati.Rasa bosan dan jenuh belajar pada anak, bisa jadi disebabkan oleh karena proses belajar mengajar yang diterapkan di sekolah terasa kaku dan membebani.

Lebih lanjut dalam paparanya, dia mengatakan bahwa motivasi adalah hal yang sangat penting, bahkan tanpa kesepakatan tertentu mengenai definisi konsep tersebut. Apabila terdapat dua anak yang memiliki kemampuan sama dan memberikan peluang dan kondisi yang sama untuk mencapai tujuan, kinerja dan hasil-hasil yang dicapai oleh anak yang termotivasi akan lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak termotivasi. Hal ini dapat diketahui dari pengalaman dan pengamatan sehari-hari.

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa apabila anak tidak memiliki motivasi belajar, maka tidak akan terjadi kegiatan belajar pada diri anak tersebut. Walaupun begitu hal itu kadang-kadang menjadi masalah, karena motivasi bukanlah suatu kondisi. Apabila motivasi belajar anak itu rendah umumnya diasumsikan bahwa prestasi siswa yang bersangkutan akan rendah.

Pentingnya peranan motivasi dalam proses belajar perlu dipahami oleh pendidik agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada siswa. Motivasi belajar dirumuskan sebagai dorongan, baik diakibatkan faktor dari dalam maupun luar, untuk mencapai tujuan tertentu guna memenuhi / memuaskan suatu kebutuhan.

Kegiatan seminar yang kali ini digelar dihadiri oleh sebagian besar dosen bahasa  di lingkungan STAIN Pamekasan, serta dihadiri juga oleh mahasiswa yang cukup antusias mengikuti kegiatan seminar, disamping juga untuk menguji kemampuan bahasa asing mereka juga untuk membekali diri mereka yang kelak akan menjadi guru. Berbagai hal yang mereka dapatkan terkait perbedaan yang cukup mendasar dengan persiapan menjadi guru di Indonesia dan di Jerman, di Jerman pada saat memasuki semester 7 mahasiswa wajin mengikuti trainning atau pemagangan selama 1,5 tahun, dengan guru disekolah sebagai supervisor, dan seorang profesor yang  menjadi pembimbing lapangan, yang memantau secara aktif proses trainning, sebelum akhirnya mendapatkan sertifikat kelulusan. Sungguhpun sangat berbeda dengan sistim yang ada di Indonesia. Hasil seminar tersebut membuka mata mahasiswa utamaya serta dosen yang mengikuti seminar bahwa tidak mudah untuk menjadi guru di Jerman.