Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Ujian Promosi Doktor Ilmu Ekonomi Untag Surabaya Oleh Dr. Rudy Haryanto, MM, 14 Agustus 2015

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Minggu, 13 September 2015
  • Dilihat 10 Kali
Bagikan ke

JUDUL DESERTASI : PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, NILAI NASABAH TERHADAP CITRA PERBANKAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DENGAN KARAKTERISTIK NASABAH SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERBANKAN SYARIAH DI MADURA

Dalam manajemen pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan sebuah perusahaan baik sektor barang ataupun jasa selalu mengacu pada bauran pemasaran. Selain itu keputusan konsumen akan penggunaan dan atau pembelian sebuah produk yang ditawarkan perusahaan sangat di pengaruhi oleh citra perusahaan serta nilai dan karakteristik dari konsumennya.

Dewasa ini perkembangan Perbankan Syariah sangat pesat, hal ini di buktikan banyak berdirinya Bank Syariah baik level Bank Umum Syariah (BUS) maupun BPRS. Demikian juga di Madura. Keberadaan Perbankan Syariah di Madura yang filosofinya berlandaskan pada nilai-niai syariat Islam sinergi dengan nilai-nilai, karakteristik dan budaya masyarakat Madura yang juga taat terhadap nilai-nilai ajaran Islam.sebagai calon nasabahnya yang sekaligus merupakan pangsa pasarnya.

Untuk itu disertasi ini meneliti tentang pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan sebagai elemen bauran pemasaran serta nilai citra perbankan,nasabah dan karakteristik nasabah dalam memepengaruhi keputusan menabung di Bank Syariah. Penelitian ini merupakan evaluasi, intropeksi dan juga bermakna solusi bagi strategi marketing Bank Syariah khususnya di Madura. Kenapa keputusan menabung yang menjadi sasaran, karena aktivitas menabung selain merupakan indicator kesejahteraan masyarakat juga merupakan penopang pembangunan infra struktur di Madura khususnya dan Indonesia pada umunya sesuai program pemerintah tentang Gerakan Indonesia Menabung (GIM).

Penelitian ini dilakukan pada nasabah 10 Bank Syariah di Madura baik Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep selama 3 bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, kualitas layanan dan nilai nasabah berpengaruh siknifikan terhadap pembentukan citra Perbankan Syariah di Madura. Kualitas produk dan nilai nasabah berpengaruh siknifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Perbankan Syariah di Madura. Kualita layanan berpengaruh tidak siknifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Perbankan Syariah di Madura. Dan karakteristik nasabah memperkuat pengaruh citra perbankan terhadap keputusan menabung pada Perbankan Syariah di Madura.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam rangka peningkatan citra Perbankan Syariah dan meningkatkan keputusan nasabah menabung di Bank Syariah diperlukan bauran pemasaran jasa seperti halnya dalam teori pemasaran. Selain itu kulaitas layanan bukan merupakan faktor penentu keputusan nasabah menabung pada Perbankan Syariah melainkan ditentukan kualitas produk dan adanya kesesuain nilai-nilai yang di yakini oleh nasabah serta citra  yang dibangun oleh perbankan syariah yang diperkuat oleh karakteristik nasabah yang taat akan ajaran-ajaran Islam seperti yang dimiliki oleh masyarakat Madura.