Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Studium General Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 1 Maret 2016
  • Dilihat 4 Kali
Bagikan ke

Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang efektif sejak awal 2016 menuntut masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitasnya di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan dan ekonomi. Ini merupakan tantangan bagi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam STAIN Pamekasan untuk dapat mencetak generasi siap pakai dalam kancah sosial, ekonomi dan kemasyarakatan. Berdasarkan hal itu, sebagai wujud responsibilitasnya, maka seminar umum yang menjadi pembuka perkuliahan semester genap 2015-2016 mengambil tema “Penguatan Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi MEA bersama owner Batik Shoraya”

Acara yang digelar pada hari senin, 22 februari 2016 mulai pukul 13.30 wib di auditorium STAIN Pamekasan ini menghadirkan Dra. Surayyah, owner Shoraya Batik Pamekasan, sebagai pembicara. Hal ini tak lepas dari prestasi dan pengalaman narasumber di bidang ekonomi kreatif, yaitu design batik kontemporer.

Pada pelaksanaannya, acara studium general dibuka oleh Mulyadi, M.Ag. selaku Wakil Ketua I STAIN Pamekasan, yang dalam sambutannya menyampaikan tentang tahapan perekonomian di Indonesia yang dimulai dengan tahap ekonomi pembangunan, ekonomi industry, dan ekonomi kreatif. ekonomi kreatif bisa dimaknai sebagai upaya dalam memadukan dan mengintensifkan antara ekonomi informasi dengan kreatifitas berbekal sumber daya manusia. Termasuk di dalamnya kreatifitas di bidang design.

Acara yang dihadiri sekitar seribu mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ini berjalan lancar, bahkan bisa dikatakan meriah. Hal ini tidak lepas dari peran narasumber yang menyampaikan materi dengan sangat atraktif dan interaktif sehingga sehingga mahasiswa yang hadir antusias dan semangat mengikuti tahapan demi tahapan materi yang disampaikan, termasuk pada sesi tanya jawab yang dipandu oleh Dr. Sri Handayani, MM. sebagai moderator.

Harapan terbesar yang disematkan pada pelaksanaan acara ini, studium general bukan sekedar formatilas pembuka perkuliahan semester, akan tetapi sarana untuk menggugah jiwa entrepreneurship mahasiswa melalui peningkatan wawasa ekonomi kreatif di Madura. Melalui stadium general ini, segenap civitas akademika STAIN Pamekasan khususnya mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam ditargetkan memiliki semangat berwirausaha yang tercermin pada kemampuan mengambil keputusan, keberanian memulai usaha, konsisten mengoptimalkan sumber daya yang ada pada diri dan lingkungannya, serta kepedulian menggali potensi budaya lokal Madura. (Pen: Lely Shofa Imama, MSI.)