Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Penguatan Tema dan Metodologi Penelitian Skripsi Perspektif Sosiologi

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 27 April 2016
  • Dilihat 8 Kali
Bagikan ke

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH STAIN PAMEKASAN Oleh : Fathol Holiq, M.Si (Kaprodi PAI)

 

Sebagai bagian dari karya tulis ilmiah, untuk menentukan tema skripsi membutuhkan kemampuan akademis. Hal yang perlu diperhatikan dalam konteks ini adanya kemampuan diri (mahasiswa) serta lingkungan yang memberikan alternatif-alternatif sehingga ada tema-tema baru untuk mahasiswa. Kesan yang timbul mahasiswa tidak mampu memberikan alternatif menarik tentang tema-tema skripsi. Mereka mengandalkan skripsi-skripsi yang sudah ada sehingga banyak terjadi kesalahan-kesalahan dalam penulisan dan tema-tema skripsi. Hasil penelitian Haliq (2014) terhadap skripsi-skripsi mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) menunjukkan mahasiswa lebih memilih pendekatan kualitatif daripada pendekatan kuantitatif. Di samping itu, mahasiswa lebih memilih tema-tema mikro dalam pendidikan misalnya pembelajaran, media, evaluasi dan lain sebagainya. Akibat dari pemilihan tema-tema yang sempit ini ada kecederungan meniru bahkan "copy-paste" dari penelitian-penelitian skripsi sebelumnya.

 

Copy paste merupakan cara-cara instan yang dilakukan mahasiswa karena ketidakmampuan, kemalasan serta kekurangpahaman mahasiswa. Tidak dinafikan pula bahwa tidak adanya fasilitasi atas apa-apa yang meeka tidak pahami. Kuliah tidak saja mengedepankan teori-teori tetapi didasarkan juga pada praktek-praktek serta menumbuhkan kemampuan baru dengan merancang kembali tema-tema penting dan baru dalam pendidikan. Hal ini dimaksudkan bahwa penelitian skripsi tidak saja akan bermanfaat bagi individu dengan memperoleh gelar tetapi mahasiswa juga diharapkan mampu mengungkap bahkan memecahkan masalah-masalah yang melingkupi dunia pendidikan. Perspektif sosiologis sengaja dihadirkan untuk mendorong dan memberikan alternatif tema-tema penelitian skripsi pendidikan, khususnya penelitian skripsi di STAIN Pamekasan.

 

 

Di samping itu diharapkan dengan perspektif ini dapat memberikan wawasan lain dari apa yang telah diberikan sebelumnya -sosiologi pendidikan--khususnya berkaitan dengan  cara-cara melakukan penelitian-penelitian skripsi pada tema-tema sosiologi pendidikan. Kekuatan mengungkap hal di balik realitas sosial khususnya pendidikan menjadi penting di tengah kekuatan sosiologis sebagai ilmu yang dapat "membongkar" realitas sosial. Dalam realitas sosial pendidikan tidak saja dihadirkan sebagai realitas sosial pun menjadi bagian dari masalah-masalah sosial. Pendidikan dengan segenap perspektif sosiologisnya diharapkan akan menghantar pada masalah-masalah penting dalam pendidikan-pendidikan di Madura, sehingga dengan penemuan-penemuan sosiologisnya pendidikan tidak saja mampu menjawab atas permasalahannya sendiri tetapi juga memberikan perspektif dan jawaban berbeda terhadap masalah masyarakat. Acara ini dikemas dengan Dosen Tamu dengan tema "PENGUATAN TEMA DAN METODOLOGI PENULISAN SKRIPSI PERSPEKTIF SOSIOLOGI".

 

 

Fasilitator Dr. Muthmainnah, S.Sos., M.Si (Dosen Sosiologi FISIB Universitas Trunojoyo Madura/UTM Bangkalan). Kegiatan ini diikuti oleh 100 mahasiswa/i PAI STAIN Pamekasan yang sedang menyusun skripsi pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Tarbiyah STAIN Pamekasan atau Mahasiswa Semester VI yang akan menyusun skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan.