Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pentingnya Membaca di Kalangan Remaja.

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 30 Mei 2016
  • Dilihat 17 Kali
Bagikan ke

Ditulis Oleh: Achmad  Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab  STAIN Pamekasan

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan oleh seorang pembaca guna untuk mendapatkan pesan dari seorang penulis melalui bahasa tulis. Karena dengan membaca bisa mendapatkan suatu berita, menambah wawasan, Membaca identik dengan penambahan ilmu pengetahuan yang masih belum diketahui.. Dan dengan membaca, bisa menjelajahi dunia

Kalau kita mengkaji lebih dalam tentang membaca, seharusnya kita sebagai seorang muslim harus menyadari bahwasanya membaca itu merupakan senjata yang sangat bagus yang dimiliki orang islam terutama remaja muslim sebagai penerus perjuangan. Hal itu dibuktikan dengan wahyu yang pertama kali diturunkan oleh allah kepada nabi muhammad saw. Yang artinya : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,  (QS Al-   Alaq :1).

Akan tetapi tampa disadari oleh orang islam pada umumnya senjata tersebut kini sedikit demi sedikit telah diambil alih oleh orang-orang barat, remaja  non islam, sehingga kemajuan orang barat dari segi keilmuan semakin pesat, melayang tinggi bahkan mengalahkan remaja-remaja islam Ketika dihadapkan dengan persoalan membaca, sangatlah minim sekali minat membaca kaum remaja pada umumnya terhadap buku-buku klasik ataupun kontemporer maka seakan akan membaca merupakan hal yang sangat berat, sulit untuk di lakukan, serta mengaplikasikannya. Karena membaca masih belum mendarah daging dalam kehidupannya serta masih belum merasakan hikmah di balik budaya membaca itu sendiri.

Pada hakikatnya, Budaya Membaca di kalangan remaja itu sangatlah penting, karena dengan membaca akan membentuk remaja yang berintelektual, serta memiliki kepribadian yang luhur. Hal itu dibuktikan dengan perkembangan cara berfikir mereka untuk kedepan serta kritis dengan lingkungan mereka. 

Manfaat-manfaat tersebut belum seberapa nilainya, andai saja remaja sekarang ini menjadikan kegiatan membaca sebagai aktifitas keseharian, maka Jangan heran jika pada masa yang akan datang mereka mampu berkoar dan menunjukan kreatifitasnya di mata dunia.

Dalam tulisan ini penulis sangat mengharapkan bagaimana kita sebagai remaja muslim, penerus perjuangan dalam menyebarkan agama islam serta berkewajiban mendakwahkan agama islam sampai ke ujung dunia tidak mengabaikan serta meninggalkan budaya membaca serta menulis  karena membaca sangatlah penting bagi kaum muslimin terutama remaja muslim untuk mengetahui, mengkaji, memperdalam, serta menelusuri seluk beluk dunia. Maka dari itu jelajahilah dunia ini dengan budaya membaca. Jangan membiarkan budaya membaca umat islam diambil alih oleh non muslim.