Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Penandatanganan Kerjasama antara Prodi PGRA STAIN Pamekasan dengan 15 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Jumat, 25 November 2016
  • Dilihat 6 Kali
Bagikan ke

Oleh: Muliatul Maghfiroh, M.Pd.I

Kamis, 24 November 2016, Prodi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal mengadakan kegiatan Penandatanganan Kerjasama antara Prodi PGRA STAIN Pamekasan dengan 15 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/RA/TK) Se-Kabupaten Pamekasan dan seminar Parenting “ Smart Parenting For Happy Children” dengan narasumber Ibu Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA. Dosen PG PAUD Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan Madura. Acara ini di buka oleh Dr. H. Nor Hasan, M.Ag selaku Wakil Ketua I STAIN Pamekasan.

Menurut Bapak Dr. H. Nor Hasan, M.Ag bahwa dengan adanya penandatanganan kerjasama MoU antara Prodi PGRA STAIN Pamekasan dengan beberapa lembaga PAUD/RA/TK di Kabupaten Pamekasan semoga hubungan yang terjalin semakin ditingkatkan dengan adanya program-program keberlanjutan yang memberi manfaat semua pihak dimasa mendatang.

Acara penandatanganan kerjasama dihadiri oleh PAUD Perwari II, TK Pertiwi Cabang Pamekasan, TK PKK Jalmak, RA Al-Firdaus Tambung, PAUD Al-Munawwaroh, RA Perwanida, TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV, RA Al-Munawwaroh, PAUD Al-Anwar, PAUD Nurul Hikmah, TK Ya Bunayyah, TK Muslimat NU I, serta Sekolah Alam Excelentia Pamekasan. Disamping perwakilan dari lembaga PAUD/RA/TK acara ini juga dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i PGRA semester I dan 3. Sebelum acara inti dilaksanakan terdapat performance mahasiswa/i mulai dari Parade Fashion Batik, Qiro’ah serta olah vokal lagu-lagu Islami.

Pada hari itu juga diselenggarakan gebyar bazar Prodi PGRA STAIN Pamekasan yang menyajikan hasil kreasi mahasiswa/i prodi PGRA dari mata kuliah Entrepreneurship serta kesehatan & gizi misalnya macam-macam makanan bergizi serta higienis, aksesoris dari kerajinan tangan (handmade) serta pakaian muslim hingga hijab anak. Meski acara hanya digelar sehari, tidak mengurangi antusias pengunjung bazar untuk melakukan transaksi jual beli. Pada saat seminar Parenting “ Smart Parenting For Happy Children” menurut Ibu Siti Fadjryana Fitroh, S.Psi, MA menjelaskan bahwa adanya beragam pola asuh pada anak akan menimbulkan konsekwensi yang berbeda. Pola asuh yang demokratis menghasilkan anak yang mandiri. Pola asuh yang otoriter menyebabkan anak jadi patuh dan pintar akan tetapi cenderung merasa tertekan dan penurut. Pola Asuh permisif menghasilkan anak yang mempunyai harga diri yang rendah, tidak punya control diri yang baik serta sosialnya buruk. Pola asuh penelantar menghasilkan anak yang mudah putus asa dalam kehidupan.

Ada 6 pilar dalam pengasuhan anak yaitu dibutuhkan kerjasama antara ayah & Ibu (Partnership Parenting), selalu memperlakukan anak dengan 3 B (belai, bermain, bicara), kesepakatan melaksanakan kedisiplinan, menerapkan aturan secara konsisten, memahami emosi negative anak sejak dini, biasakan menggunakan gaya bahasa positif agar anak sehat secara fisik & emosional, serta menerapkan pola asuh yang tepat tanpa hukuman. Adanya acara Penandatanganan Kerjasama antara Prodi PGRA STAIN Pamekasan dengan 15 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/RA/TK) Se-Kabupaten Pamekasan dan seminar Parenting “ Smart Parenting For Happy Children” ini memicu banyak dealektika dalam berkembangnya dimensi pengetahuan baik pada tamu undangan maupun mahasiswa/I Prodi PGRA ini, terbukti dengan banyaknya pertanyaan dari tamu undangan serta para mahasiswa/I Prodi PGRA yang antusias sekali menanyakan tentang penjelasan dari tema diatas.. Bravo Prodi PGRA STAIN Pamekasan !!!!