Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH IAIN MADURA LAKUKAN KULIAH PENGABDIAN MASYARAKAT

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 7 Juli 2022
  • Dilihat 8 Kali
Bagikan ke

(iainmadura.ac.id) ,-Membangun Sinergi Menuju masyarakat berkarya, berdaya dan berbudaya, demikian tema yang diusung pada kegiatan KPM Reguler Fakultas Syariah IAIN Madura tahun ini (4-06-2022). Sebanyak 252 orang mahasiswa yang menjadi peserta KPM kali ini, yang tergabung dari dua program studi, yakni; mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama satu bulan (4 Juli – 3 Agustus 2022) ini difokuskan pada satu wilayah yakni di Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan dengan disebar pada 17  Desa.  Bertempat dihalaman Fakultas, Dekan Fakultas Syariah IAIN Madura, Dr. Siti Musawwamah, M.Hum. melepas langsung para peserta KPM yang didampingi oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2 dan Kepala Laboratorium Fakultas Syariah. Dr. Siti Musawwamah memberikan pesan dan pengarahan kepada seluruh peserta KPM dengan menyampaikan bahwa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sebenarnya merupakan  salah satu cara bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan dan mengabdikan ilmu yang selama ini telah diperoleh dari bangku kuliah. Beberapa problematika sosial, budaya dan keagamaan yang muncul di masyarakat, seperti persoalan perkawinan, gender equality dan ekonomi-kreatif masyarakat, serta beberapa aspek lainnya mampu diselesaikan oleh para mahasiswa peserta KPM yang telah dibekali dan didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) professional pada masing-masing Posko. 

 

Dalam sambutannya pada acara serah-terima yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Proppo, Sekretaris camat Kecamatan Proppo menyambut baik kedatangan para peserta KPM Fakultas Syariah di wilayah pemerintahannya. Pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih (-mewakili camat yang kebetulan berhalangan hadir pada acara serah terima-) kepada IAIN Madura yang telah memilih Kecamatan Proppo menjadi salah satu lokasi yang dipilih untuk ditempati para peserta KPM Tahun 2022. Pemerintah Kecamatan Proppo merasa terbantu dengan kehadiran para peserta KPM Fakultas Syariah dengan berbagai agenda programnya yang banyak relevan dengan agenda-agenda kegiatan pembangunan sosial-budaya dan ekonomi masyarakat di kecamatan Proppo. Karena itu, Bapak camat Proppo sangat mendukung dan mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan KPM IAIN Madura di wilayahnya, demikian beliau menambahkan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah, Ahmad Mulyadi, M.Ag dalam sambutan penyerahannya menyampaikan bahwa, sebisa mungkin para peserta KPM Fakultas Syaraiah diminta untuk dapat melaksanakan agenda kegiatan KPM dengan maksimal dengan tetap menjujung tinggi nilai-nilai moralitas dan nama baik kampus, khususnya Fakultas Syariah dan IAIN Madura pada umumnya.

 

 

Para TIM Pelaksana KPM Fakultas Syariah berharap dengan melalui pendekatan PAR dan ABCD untuk program-program kegiatannya, mahasiswa peserta KPM pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif dan dapat  mewarnai kehidupan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat dengan program-program yang sangat positif untuk kemajuan dan pengembangan pembangunan di Kecamatan Proppo. (Red.Humas&FasyaAdmin)