Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

ASN IAIN MADURA JALANI TES INDEKS PROFESIONALISME DAN MODERASI BERAGAMA SECARA SERENTAK

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 29 Desember 2022
  • Dilihat 12 Kali
Bagikan ke

iainmadura.ac.id, Selasa (27/12/2022); ,-Test melalui Computer Assisted Test (CAT) Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama RI Tahun 2022, resmi digelar secara serentak pada Selasa, 27 Desember 2022. IAIN Madura  menjadi salah satu titik lokasi pelaksanaan tes tersebut, dengan peserta  sebanyak 220 ASN internal IAIN Madura dan peserta dari eksternal sebanyak 2 orang dari UIN Surakarta. Lokasi tes CAT IPMB di IAIN Madura  dilaksanakan di Lab computer terpadu di lingkungan Kampus tersebut.

H.Syafiul Rahman, S.Sos, M.M., Panitia Pelaksana CAT IPMB 2022 IAIN Madura ,mengatakan, kegiatan ini dibagi ke dalam empat sesi ujian. Pada kesempatan ini, sebagian besar ASN IAIN Madura  telah dijadwal mengikuti tes. "yang berhalangan hadir pada hari ini akan dijadwal ulang untuk mengikuti tes CAT," terang Syaiful.

Tes ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2020-2024. Juga berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2022 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama 2020-2024. Serta sebagai upaya penyusunan IPMB ASN.

 

 

Rektor IAIN Madura,Dr.H.Saiful Hadi M.Pd , menjelaskan, CAT IPMB merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi ASN yang ketiga, yakni sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Sebagaimana terkandung dalam pasal 10 UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dua fungsi lainnya adalah sebagai Pelaksana Kebijakan Publik dan Fungsi  Pelayan Publik.

Maka, untuk kebutuhan pemenuhan fungsi ASN yang ketiga ini, menurut Rektor, setiap ASN harus melaksanakan tupoksinya dan melakukan upaya-upaya inovatif sesuai dengan budaya kerja kementrian Agama dan memberikan layanan Prima kepada Publik. “Karena ASN itu harus mampu memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan sumpah dan orientasinya menjadi ASN,sehingga semua tugas dan Fungsinya sebagai ASN harus benar-benar ditunaikan,” ujar Rektor.

ASN, lanjut Rektor, diharapkan mampu menjadi figur panutan kebangsaan. Sehingga, CAT IPMB menjadi hal yang penting dilakukan dalam rangka memetakan potensi profesionalisme kerja, serta indeks moderasi ASN.

Ke depan, ASN harus memberikan pelayanan Publik sesuai dengan budaya Kerja yang digariskan Kemenag dan tetntu saja harus memperhatikan nilai-nilai moderasi yang melayani tanpa melihat perbedaan-perbedaan.” Dengan nilai moderasi beragama mari kita bekerja professional tanpa melihat berbagai perbedaan yang ada termasuk berbeda keyakinan sekalipun harus dilayani sepenuh hati “terang Rektor yang murah senyum tersebut

“Tes CAT ini  dilakukan agar ASN dilingkungan kemenag agar tahu sejauh mana kemampuan profesonalitas kinerjanya dan juga tahu sejauh mana wawasannya tentang Moderasi Agama, sehingga dengan adanya pemetaan melalui CAT ini kita akan terus lakukan akselarasi peningkatan profesionalitas kerja ASN dan Pemahaman tentang Moderasi beragama semakin baik serta pelayanan public akan berbasis Profesionalitas dan keadilan bagi publik” terang Rektor Dr,Saiful Hadi.

Rektor pun mengajak kepada semua ASN IAIN Madura  untuk mengikuti dengan baik dan seksama  kegiatan CAT IPMB  tahun ini, dan bagi ASN yang berhalanagan nanti akan di adakan CAT dilain waktu menunggu Pelaksanaan CAT dari Kemenag Pusat. (mtj/Humas)