Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Ngaji Perempuan dan Isra` mi`raj pada peringatan isra` mi`raj 1445 H DWP IAIN Madura

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Jumat, 24 Februari 2023
  • Dilihat 14 Kali
Bagikan ke

 Humas(iainmadura.ac.id),-Dharma Wanita Persatuan (DWP) IAIN Madura menggelar seminar Pengarus Utamaan Gender dalam rangka memperingati Isra` mikraj Nabi Muhammad SAW 1445 H, di Aula Rektorat IAIN Madura ( 24-02-2023)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Warek 2, Ketua DWP IAIN Madura Dra.Hj.Nur Alifah Saiful Hadi dan semua jajaran Pengurus serta seluruh Anggota Dharma Wanita Persatuan IAIN Madura.

Warek 2 Dr.Bunai M.Pd mewakili Rektor IAIN Madura dalam sambutannya menyampaikan dengan kegiatan seminar Pengarus Utamaan Gender yang dalam rangka memperingati Isra` mikraj Nabi besar Muhammad SAW tahun 1445 H,merupakan momentum yang tepat, karena DWP IAIN Madura memperingati Isro` mikroj dengan nuansa yang ilmiah yaitu seminar Pengarus utamaan gender semoga kita semua bisa menintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sambutan Wakil Ketua DWP IAIN Madura yang disampaikan oleh Ibu Hj. Ulfatun Hasanah S.Hum " Semoga Kita semua tetap Istiqomah menghadiri pertemuan yang dilaksanakan tiap bulan ini, dan acara kali sangat istimewa karena kita akan mengaji dan mengkaji tentang pengarusutamaan gender, Perempuan dan Isra` mikraj, dalam rangka memperingati Isra` mikraj Nabi besar Muhammad SAW 1445 H" , pungkasnya.

"Mari kita simak kegiatan seminar ini karena kita menghadirkan Narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Dr.Hj.Ulya Fikriyati.Lc.M.Ag, beliau juga Anggota DWP IAIN Madura, semoga ilmu yang akan disampaikan nanti bermanfaat bagi kita semua" tutur Wakil Ketua DWP IAIN Madura istri dari warek 1 Dr. H Maimun Nawawi M.H.i tersebut.

Dalam Paparannya Pemateri Dr.Hj.Ulya Fikriyati Fawaid L.c.M.Ag, memaparkan tentang Perempuan dalam rangkaian Peristiwa Isra` mikroj Nabi Muhammad SAW yaitu: 1) Isra` mikraj merupakan cara Allah Menghibur Nabi Muhammad SAW setelah istrinya Siti Khadijah Meninggal dunia.2) Dalam Isra` mikraj Rasulullah melihat penghuni Neraka paling banyak adalah Perempuan, ternyata menurut Ibnu Hajar Al asqalani hadist tersebut termasuk hadist bilmakna yaitu Perempuan juga mayoritas di Syurga, Imam Nawawi dalam Syarah shahih muslim,Musa Syahin Lasyin, Fathul Mun`im bahwa hadist tersebut perintah sedekah bukan. merendahkan Perempuan. "marilah kita ambil hikmah dari perjalanan Isra` mikroj ini yang sangat mengapresiasi perjuangan istri Rasulullah Siti Khadijah sehingga dengan wafatnya Siti Khadijah Rasulullah patah hati dan sangat kehilangan istri yang sangat dicintainya, juga kita terus Istiqomah menjaga diri,keluarga dan anak-anak kita agar menjadi generasi penghuni Syurga" tutur Pemateri yang merupakan Dosen IQT Instika guluk-guluk sekaligus istri dari Dr.Fawaid Sadzily Dekan FAUD IAIN Madura.