Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Capacity Building Tenaga Kependidikan Terus Dilakukan Menuju UIN Madura

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 28 Juni 2023
  • Dilihat 23 Kali
Bagikan ke

Bali - Capacity building kembali dilakukan oleh IAIN Madura sebagai salah satu upaya melakukan perubahan menuju UIN Madura. Kali ini kegiatan dipimpin langsung oleh Dr. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I. (Kepala Biro AUAK IAIN Madura) di Pulau Bali mulai tanggal 25-28 Juni 2023 serta diikuti oleh seluruh tenaga kependidikan ASN IAIN Madura. 

Rombongan IAIN Madura berangkat mulai Minggu, 25 Juni 2023 pukul 14.15 WIB dan tiba di Bali pukul 08.00 WITA pada Senin, 26 Juni 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan City Tour, selanjutnya acara pembukaan dibuka oleh Kabiro IAIN Madura dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Dr. KH. Abu Siri, S.Ag., M.Pd.I. selaku Kabag Kanwil Kementerian Agama Bali dengan tema "Moderasi Beragama sebagai Katalisator Peningkatan Kinerja."

Dalam sambutannya Kabiro menegaskan "Bahwa capacity building atau pengembangan kapasitas tenaga kependidikan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan, baik individu atau kelompok dalam sebuah lembaga dari aspek ilmu pengetahuan, keterampilan, serta perilaku melalui aktivitas yang menarik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan integritas serta kekompakan seluruh tenaga kependidikan dalam menyongsong alih bentuk ke UIN Madura".

"Ditengah keberagaman masyarakat Bali, maka semangat moderasi beragama harus dibangun bersama oleh semua kalangan berdasarkan rasa persaudaraan yang selalu dipupuk sebagai Menyame Braye (madura: taretan dibik), sehingga perbedaan itu terasa sebagai sebuah Rahmatan Li al-'Alamiin". Terang Abu Siri dalam paparannya.

Di hari berikutnya pelaksanaan capacity building diisi oleh Ida Bagus Gede Subawa (Kabiro AUAK Universitas Hindu Negeri Bali). Beliau menegaskan bahwa "Untuk membentuk SDM yang unggul dan moderat maka dalam jiwa setiap ASN harus selalu ditanamkan AKHLAK (Akuntabel, Kompeten, Harmonis, LoyAl, Kolaboratif) sehingga bisa memberikan pelayanan yang prima, walaupun hal ini sulit tapi harus tetap dilatih secara berkesinambungan". 

Seusai makan siang, kegiatan capacity building kembali dimulai dengan menghadirkan dosen internal IAIN Madura Dr. Hj. Waqiatul Masruroh, M.Si. dengan materi Pelatihan Team Building dan dilanjutkan dengan permainan-permainan yang memerlukan kekompakan dan kerjasama yang baik antar anggota tim. Beberapa permainan yang dilangsungkan antara lain Ice Breaking.

Waqiatul Masruroh menyampaikan, "Dalam rangka menyongsong UIN Madura tenaga kependidikan harus mulai berbenah dan mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan prima dengan sepenuh hati karena tidak ada hasil yang luar biasa tanpa proses yang luar biasa juga. Tenaga kependidikan juga harus berfikir secara kreatif-inovatif agar bisa membawa perubahan besar bagi IAIN Madura kedepannya serta semoga Allah meridhoi semua hajat kita".

(AF/Humas IAIN Madura)