Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Gunakan Sistem CAT pada Ujian Tahap Kedua Program Beasiswa S2 bagi Guru Pendidikan Diniyah Jawa Timur Tahun 2023

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Jumat, 21 Juli 2023
  • Dilihat 12 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Program Magister Pascasarjana IAIN Madura menggelar ujian SPMB jalur Program Beasiswa S2 Peningkatan Akademik bagi Guru Pendidikan Diniyah Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Ujian SPMB jalur Program Beasiswa S2 yang digelar kemaren, Kamis (20/07) memasuki tahap ujian internal Pascasarjana IAIN Madura dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). 

Pendaftar SPMB jalur beasiswa S2 bagi guru pendidikan diniyah tahun 2023 diikuti oleh sebanyak 66 orang pendaftar. Setelah mendaftar para calon mahasiswa melalui tahap seleksi administrasi, dimana sebanyak 32 calon mahasiswa dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat administrasi. Dengan demikian sebanyak 34 orang calon mahasiswa berhak untuk mengikuti ujian tahap kedua yaitu ujian internal Pascasarjana dengan sistem CAT. 

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Dr. Nurul Zainab, M.Pd.I., menjelaskan bahwa pada pelaksanaan ujian tahap kedua yang dilaksanakan kemaren Kamis (20/07) dengan menggunakan sistem CAT berlangsung sukses dan lancar. Dan mereka yang lulus akan mengikuti ujian tahap ketiga yaitu ujian baca kitab Fathul Mu’in.

“Alhamdulillah ujian CATnya berlangsung lancar, dari 34 orang peserta yang lulus seleksi administrasi, sebanyak 3 orang tidak hadir pada tes tahap kedua ini (CAT), sehingga otomatis tidak lulus. Dan calon mahasiswa yang lulus pada tes kedua ini berhak mengikuti ujian tahap ketiga”. Ungkap Nurul Zainab saat dihubungi via whatsapp.

Lebih lanjut Bu Nurul memaparkan bahwa calon mahasiswa yang akan diambil pada ujian tahap kedua sekitar 15 orang, dan kemudian merekalah yang berhak mengikuti ujian baca kitab Fathul Mu’in oleh Tim dari LPPD Jawa Timur.

“Dari ujian tahap kedua yang akan diluluskan sekitar 15 orang, sehingga mereka natinya yang berhak untuk ikut ujian tahap ketiga yang akan dilaksanakan di kantor LPPD Jawa Timur pada tanggal 7-10 Agustus 2023”. Tutur Kaprodi PAI Pascasarjana IAIN Madura.

Sehubungan dengan program beasiswa ini, Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Madura Rudy Haryanto ketika dihubungi via telepon menjelaskan bahwa calon mahasiswa yang akan diambil dari jalur tersebut sekitar 10 orang, setelah mereka dinyatakan lulus seleksi tahap keempat (akhir).

“Untuk Program Beasiswa S2 bagi Guru Pendidikan Diniyah tahun 2023 yang akan diambil sebanyak 10 orang, setelah mereka dinyatakan lulus ujian tahap akhir”. Ungkap Rudy disela-sela kegiatan ICONIS Ke-7 yang diselenggarakan di Malaysia.

(AF/Humas IAIN Madura)