Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

PBAK IAIN Madura 2023 Resmi Dibuka oleh Senat, Rektor: Kita Arahkan PBAK Tahun ini Pada Tiga Karakter Utama dan Peduli Lingkungan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 17 Agustus 2023
  • Dilihat 33 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Sidang Terbuka Senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura dalam rangka Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh ketua senat Prof. Dr. H. M. Asy’ari, M.Ag., yang ditempatkan di lapangan upacara gedung H IAIN Madura.  

PBAK tahun 2023 yang bertemakan “Memperkokoh Peran Mahasiswa dalam Menguatkan Nilai Moderasi, Religiusitas dan Ramah Lingkungan”, diikuti sebanyak 1675 orang mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024. Pembukaan PBAK tahun ini terasa berbeda dan penuh khidmat karena dibuka langsung oleh Senat IAIN Madura, hal ini berdasarkan Surat Edaran Dirjen. Pendidikan Islam Nomor: B-732.1/DJ.I/07/2023.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Madura, Saiful Hadi menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya PBAK ini, maka status para peserta akan menjadi seorang akademisi sebagai bagian dari civitas akademika IAIN Madura, sekaligus calon pemimpin pada tahun 2045 sehingga perlu dibekali dengan tiga literasi dalam diri mahasiswa baru yaitu literasi kepemimpinan, literasi kepenulisan, dan literasi kewirausahaan.   

“Pertama, literasi kepemimpinan, dengan kegiatan PBAK ini diharapkan saudara-saudara bisa menuangkan aspek-aspek kepemimpinan yang kalian miliki. Sehingga hal ini bisa menjadi bekal bagi kalian pada tahun 2045 sebagai tahun bonus demografi dan sebagai pemimpin di masa depan”, ungkapnya.

Saiful Hadi juga menambahkan bahwa para mahasiswa baru harus memiliki kemampuan untuk berfikir secara akademis dan dinamis dalam menghadapi berbagai persoalan dalam kehidupan social kemasyarakatan, sehingga mereka perlu dibekali dengan kemampuan yang kedua, yaitu literasi menulis.  

“Yang kedua sebagai insan akademik, maka saudara perlu memiliki instrumen utama yaitu literasi menulis agar kalian bisa berfikir, menganalisa, melakukan kajian-kajian sesuai dengan bidang ilmu yang kalian miliki sehingga bisa memberikan kontribusi pemikiran yang bermanfaat dalam kehidupan sosial kemasyarakatan”, tambah pak Rektor.

Kemudian literasi yang terakhir menurut Saiful Hadi, yaitu literasi kewirausahaan beliau menyampaikan bahwa selain sebagai calon pemimpin yang mampu berfikir secara akademik, maka mahasiswa juga dituntut untuk mampu mandiri secara ekonomi. Oleh karena itu, dengan kemampuan wirausaha maka diharapkan mampu menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan bagi masyarakat secara luas.

“Dan literasi yang ketiga yaitu literasi kewirausahaan, dimana kalian harus mampu melakukan pengembangan-pengembangan kelembagaan dan menciptakan insan-insan wirausaha dalam dunia kerja / kehidupan masyarakat”, pungkasnya.

Setelah pembukaan selesai dilaksanakan, maka kegiatan dilanjutkan dengan penanaman 1600 pohon oleh Rektor, Ketua Senat, perwakilan Sema/Dema, dan perwakilah peserta PBAK tahun 2023 secara simbolik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian IAIN Madura terhadap lingkungan serta upaya menangani pemanasan global yang terus meningkat.

Kemudian rangkaian kegiatan PBAK 2023 dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan budaya akademik tingkat Fakultas mulai dari dekanat, pedoman pendidikan dan alur perkuliahan, program studi, hingga himpunan mahasiswa yang ada di masing-masing Fakultas IAIN Madura. 

(AF/Humas IAIN Madura)