Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Ujian Tahap Ketiga Program Beasiswa S2 bagi Guru Pendidikan Diniyah Provinsi Jawa Timur Tahun 2023

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 8 Agustus 2023
  • Dilihat 33 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Program Magister Pascasarjana IAIN Madura menggelar ujian lanjutan bagi peserta SPMB Jalur Program Beasiswa S2 Peningkatan Akademik bagi Guru Pendidikan Diniyah Provinsi Jawa Timur Tahun 2023. Ujian SPMB jalur program beasiswa S2 yang digelar hari ini, Selasa (08/08/2023) memasuki seleksi ujian tahap ke-3 yaitu ujian membaca dan menterjemahkan kitab Fathul Mu’in yang dilaksanakan oleh Tim Penguji dari LPPD dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ujian tahap ketiga ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa program beasiswa S2 ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan IAIN Madura dalam hal ini Pascasarjana mulai tahun 2019 kemaren. 999 “Jadi kerja sama program beasiswa S2 bagi guru madrasah diniyah ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 sampai sekarang. Dan Alhamdulillah untuk angkatan 2019 dan 2021 sudah lulus semua dengan sukses dan lancar”, ungkap Rektor.

Program beasiswa ini diselenggarakan sebagai bentuk perhatian secara penuh Pemprov untuk pengembangan dan peningkatan profesi tenaga pendidik. Terutama untuk meningkatkan kompetensi keilmuan dan metodologis para pendidik di lingkungan pesantren khususnya madrasah-madrasah diniyah. Selain itu Saiful Hadi juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemprov Jatim atas kepercayaannya kepada IAIN Madura untuk menyelenggarakan salah satu program yang menjadi IKU Mahkota dari Pemprov Jatim.

“Program ini sebagai salah satu aspek terkait penguatan kelembagaan pendidikan. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada kami untuk menyelenggarakan salah satu program IKU Mahkotanya yang mungkin berbeda dari provinsi lain dalam hal pengembangan lembaga khususnya pendidikan diniyah”, jelas Saiful Hadi.

Sedangkan perwakilan dari pihak Pemprov Jatim, Bapak Widodo menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya pemerintah Jawa Timur untuk mendorong pertumbuhan intelektual dan kualitas pendidikan di wilayah Jawa Timur.

“Jadi harapannya setelah lulus nanti Bapak/Ibu menjadi agen perubahan yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Jawa Timur”, pesan Widodo dalam sambutannya.

Dalam penjelesannya Direktur Pascasarjana IAIN Madura Dr. H. Atiqullah, S.Ag., M.Pd., bahwa jumlah peserta untuk ujian tahap ketiga sebanyak 15 orang, sedangkan jumlah yang mau diluluskan sebanyak 10 orang. Setelah pengumuman kelulusan, maka 10 orang calon mahasiswa tadi harus melakukan registrasi secara akademik, kemudian setelah itu mereka akan menerima orientasi studi. Sedangkan awal perkuliahan akan dilaksanakan pada 21 Agustus 2023.

(AF/Humas IAIN Madura)