Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Asesmen Lapangan Prodi HKI Fakultas Syariah IAIN Madura Menuju Program Studi Berstatus Unggul

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Sabtu, 9 September 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan – Asesmen Lapangan secara luring oleh BAN-PT untuk Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyah atau Hukum Keluarga Islam (HKI) IAIN Madura kembali dilaksanakan selama dua hari ini, yaitu mulai tanggal 09-10 September 2023. Pada akreditasi sebelumnya Prodi HKI IAIN Madura mendapatkan Peringkat “A”, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1691/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018, dimana masa berlakunya habis pada tahun ini. Asesmen lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada dokumen borang yang telah diajukan sebelumnya serta melakukan penilaian lapangan pada program studi tersebut.

Kegiatan AL Prodi HKI kali ini dilakukan oleh dua orang asesor dari BAN-PT, yaitu Prof. Dr. Khaoiruddin Nasution, M.A., dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Yayan Sopyan, S.H., M.Ag., dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Civitas akademika Fakultas Syariah IAIN Madura khususnya para pengelola prodi HKI telah menyiapkan berbagai data yang dibutuhkan termasuk mengundang beberapa stakeholder terkait, para alumni, mahasiswa dan dosen.

Pada acara pembukaan hari ini, Sabtu (09/09) mewakili Rektor, Wakil Rektor 1 bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Prof. Dr. H. Maimun, S.Ag., M.H.I., menyampaikan sambutan dengan penuh harapan, bahwa tim asesor bisa memberikan penilaian yang objektif dan konstruktif pada Prodi HKI, dan hasil AL yang dilakukan hari ini bisa memberikan hasil yang maksimal dan lebih bagus lagi dari sebelumnya.

“Kita berharap dilaksanakannya asesmen secara luring ini, bisa memaksimalkan semua potensi dan juga menguatkan eksistensi serta reputasi yang dimiliki oleh Prodi HKI, dan tim asesor diharapkan bisa memberikan penilain yang mencerminkan kualitas pendidikan tinggi dan komitmen seluruh civitas akademika dalam memajukan bidang hukum keluarga Islam di Indonesia. Sekali lagi, Semoga pada akreditasi kali ini Prodi HKI bisa mendapatkan hasil yang maksimal, menjadi unggul”, harap Maimun.