Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

FGD Penyusunan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 30 Oktober 2023
  • Dilihat 36 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Institut Agama Islam Negeri Madura terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan kelembagaan dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang Penyusunan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu mulai tanggal 26-27 Oktober 2023 di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural tingkat Rektorat, Fakultas, Pascasarjana, dan seluruh Ketua Unit/Lembaga di lingkungan IAIN Madura.

Pada hari pertama, Kamis (26/07) dalam sambutannya Saiful Hadi selaku Rektor IAIN Madura menyampaikan selamat datang dan rasa terima kasih yang sangat mendalam kepada narasumber karena ditengah kesibukannya yang begitu banyak, masih bisa meluangkan waktunya untuk memberikan pencerahan dalam penyusunan borang APT kepada semua stakeholder yang ada di IAIN Madura untuk bisa menjadi unggul. “Selamat datang kepada Prof. Slamet, semoga dengan kehadiran beliau disini bisa menambah motivasi perjuangan pengembangan kelembagaan menjadi lebih baik”, sambut Saiful Hadi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini ditujukan guna memberikan pendampingan dalam penyusunan/penyiapan borang akreditasi perguruan tinggi lebih awal dengan mendatangkan narasumber Prof. Dr. Slamet Wahyudi (Dewan Eksekutif BAN-PT) sehingga target untuk bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya bisa tercapai.

“Harapan kita dengan upaya melakukan persiapan lebih awal meskipun sebenarnya Reakreditasi institusi masih lama yaitu pada tahun 2025, maka cita-cita untuk Reakreditasi yang lebih baik lagi setahap demi setahap bisa terpenuhi”, jelas Rektor dalam sambutan pembukanya.

Dalam beberapa tahun terakhir IAIN Madura terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan secara massif berbagai instrumen guna menciptakan iklim akademik dan non-akademik yang bermutu misalnya peningkatan sertifikat ISO, peningkatan budaya mutu, penggunaan dan sosialisasi SOP sebagai dasar pelaksanaan kegiatan dan internasionalisasi kegiatan kelembagaan. “Dalam rangka Reakreditasi menuju unggul, kita telah melakukan berbagai pengembangan instrument dan meletakkan dasar-dasar kebijakan strategis selama dua tahun terakhir”, tegas Rektor.

Kemudian untuk mendukung dan menjamin kualitas berbagai layanan atau upaya yang telah dilakukan, Saiful Hadi selaku orang nomor satu di IAIN Madura menginstruksikan kepada seluruh pejabat di bawahnya agar setiap kegiatan yang dilakukan selalu disertai oleh evaluasi secara berkala untuk memberikan layanan yang lebih baik. Sehingga menghasilkan mutu lulusan yang sesuai dengan visi kelembagaan yaitu mahasiswa yang religius, kompetitif, dan kolaboratif.   

Pada hari kedua, Jum’at (27/10) kegiatan FGD dilanjutkan dengan pembentukan kelompok kerja (Pokja) menjadi dua, yaitu: Tim Penyusun Borang Akreditasi Perguruan Tinggi dan Tim Penyusun Statuta. Kemudian kedua tim tersebut bekerja secara bersama-sama dalam dua minggu untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menyelesaikan semua dokumen yang dibutuhkan oleh lembaga untuk memenuhi standart penilaian menuju Unggul.

(AF/Humas IAIN Madura)