Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pelaksanaan Asesmen Lapangan Prodi TBIN Selama Dua Hari Berjalan Sukses

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 23 November 2023
  • Dilihat 13 Kali
Bagikan ke

Pamekasan - Pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) Fakultas Tarbiyah IAIN Madura oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) berlangsung sukses dan lancar selama dua hari mulai tanggal 21-22 November 2023 di Aula Fakultas Tarbiyah. Asesmen Lapangan kali ini dilakukan oleh dua asesor yaitu Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum. dari Universitas Sebelas Maret dan Dr. Dase Erwin Juansah, M.Pd. dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hadir pada kegiatan hari pertama (21/11) pembukaan asesmen lapangan kali ini seluruh pejabat di Lingkungan IAIN Madura mulai Rektor, para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Tarbiyah, Kaprodi dan para Pengelola Program Studi TBIN, serta para Stakeholder terkait guna menyambut kedatangan asesor pada kegiatan ini.

Dalam sambutan dan pembukaan kegiatan, Rektor menyampaikan ucapan selamat datang pada asesor dan juga ucapan terima kasih kepada semua pejabat di lingkungan IAIN Madura karena telah mendukung secara penuh AL kali ini, dan hal ini dibuktikan dengan hadirnya semua pejabat struktural dengan formasi lengkap di ruang AL kali ini. "Saya ucapkan selamat datang para asesor di IAIN Madura dan terima kasih juga kepada pejabat yang telah mendukung secara penuh AL Prodi TBIN hari ini," sambut Rektor.

Kemudian dalam sambutannya Saiful Hadi juga berharap hasil akreditasi program studi TBIN bisa memperoleh nilai unggul sebagai salah satu penguatan alih status menuju UIN. "Semoga hasil AL TBIN bisa sesuai harapan kita bersama, dimana ada kategori program studi umum yang bernilai unggul sebagai salah satu amunisi menuju UIN," harap Rektor.

Disamping harapan untuk menjadi unggul Rektor juga berpesan bahwa "Upaya atau konsistensi menjaga mutu program studi setelah pelaksanaan AL juga penting untuk terus diperhatikan dan dilaksanakan," pesan mantan Kepala LPM tersebut.

Merespon sambutan Rektor, asesor Muhammad Rohmadin memberikan tips untuk bisa memperoleh nilai unggul bagi TBIN bahwa harus ada kesesuaian antara kesempurnaan narasi borang yang diajukan dengan dokumen pendukungnya. "Saya ingin membuktikan seperti apa cara memasaknya sehingga borang yg diajukan betul-betul terasa nikmat," pungkasnya.

Senada dengan Rohmadin, Dase Erwin selaku asesor 2 menambahkan bahwa keselarasan antara isian borang dengan tahapan atau prosedur pengadministrasian harus betul-betul bisa ditunjukkan, sehingga hasil yang diinginkan bisa terealisasi. "Saya lihat klo isian borangnya sangat lengkap dan bagus, cuma kadang kadang pengadministrasian yang kurang bagus, jadi harapan saya semoga isian borang dengan pengadministrasiannya sesuai sehingga hasil yg diinginkan bisa sesuai dengan harapan bapak/ibu sekalian," tegas Dase.

Setelah pembukaan, kegiatan AL dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen pendukung dan wawancara dengan beberapa pengelola/stakeholder terkait untuk membuktikan secara lebih detail tentang isian borang dengan dokumen pendukung.

Pada hari kedua, Rabu (22/11) kegiatan AL TBIN dilanjutkan dengan telusur oleh asesor ke beberapa sarana prasarana dan melakukan praktek kegiatan yg berkaitan dengan program studi TBIN untuk lebih memantapkan kegiatan asesmen lapangan ini.

Kemudian di akhir kegiatan AL dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi terkait hasil pelaksanaan visitasi akreditasi selama dua hari dan sebanyak 25 item rekomendasi telah disampaikan. Selanjutnya kegiatan ditutup oleh Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., dengan harapan hasil yang akan diraih bisa sesuai dengan cita-cita bersama untuk bisa meraih nilai unggul.

(Achmad Firdausi / Humas)