Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pra Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa Cakraningrat IAIN Madura Angkatan Ke VII

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 14 November 2023
  • Bagikan ke

Pamekasan – Satuan Resimen Mahasiswa (Menwa) Cakraningrat IAIN Madura yang memiliki motto “Disiplin, Korsa, Setia dalam Jiwa Kepemimpinan” sukses gelar acara Pra Pendidikan Dasar (PRADIKSAR) yang bertempat di Balai Desa Larangan Dalam, Larangan, Pamekasan pada Kamis (09/11/23). Pradiksar ini diikuti oleh 15 orang peserta terdiri dari 9 orang putra dan 6 orang putri. Kegiatan ini mengusung tema “Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Keprajuritan Menuju Indonesia Emas 2045”.

Secara bertahap dan berlanjut, Pradiksar memberikan beberapa materi, baik teori maupun praktek lapangan, adapun materi pertama yang diberikan yakni Sejarah Menwa, setelah itu Materi Keprotokoleran, dilanjutkan dengan Materi PPM (Peraturan Penghormatan Militer), dan masih banyak materi-materi yang lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah menanamkan jiwa nasionalisme pada mahasiswa; membentuk karakter mahasiswa yang berwawasan kebangsaan dan bela negara serta rasa cinta tanah air; Membentuk sikap jiwa korsa dan melatih ketangkasan serta kepribadian yang disiplin.

Dalam amanatnya Saiful Hadi selaku rektor IAIN Madura mengatakan bahwa Pradiksar ini adalah langkah awal pembekalan bagi Calon Menwa sebelum masuk ke Pendidikan Dasar (Diksar). “Latihan ini untuk membentuk mental, melatih disiplin dan kemampuan dasar militer, sehingga diharapkan bisa menghadirkan individu yang memiliki dedikasi tinggi dan cinta tanah air”, jelas Rektor.

Senada dengan Saiful Hadi, Marlawi Komandan Menwa IAIN Madura menegaskan bahwa latihan tersebut digelar sebagai pembekalan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Menwa. “Kegiatan Pradiksar ini bertujuan untuk membentuk dan membina generasi muda sebagai pemimpin bangsa di masa yang akan datang, agar anggota calon Menwa yang tergabung di Resimen Mahasiswa Cakraningrat IAIN Madura mempunyai karakter kepribadian yang kuat, semangat yang tinggi, disiplin dan pantang menyerah untuk kemajuan serta keberhasilan cita-cita generasi muda yang Tangguh”, jelasnya.

(Achmad Firdausi / Humas)