Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Apel HAB Ke 78 Kemenag RI, IAIN Madura Berikan 10 Penghargaan Kepada Civitas Akademika

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Kamis, 4 Januari 2024
  • Dilihat 11 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Awal tahun 2024 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura kembali melaksanakan Apel Hari Amal Bhakti (HAB) Ke 78 Kementerian Agama RI Tahun 2024 di Halaman Gedung Rektorat pada Rabu (03/01/2024). Pada HAB Ke 78 kali ini, Kementerian Agama mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”. Kegiatan apel ini dihadiri oleh seluruh Pimpinan Rektorat, Dekanat, Dosen dan Pegawai baik PNS, PPPK, Tenaga Kontrak dan Outsourcing di lingkungan IAIN Madura.

Rektor Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. dalam sambutannya, beliau membacakan kutipan Menteri Agama RI bahwa dengan memperingati HAB Ke 78 ini para civitas akademika IAIN Madura harus memiliki semangat baru yaitu dengan pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama dalam bentuk amal bhakti yang semakin mendalam dan paripurna.

“Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari, tepatnya 03 Januari 1946. Artinya setiap memasuki tahun baru kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama. Spirit ganda ini diwujudkan dalam bentuk amal bhakti yang semakin mendalam dan paripurna,” sambut Rektor.

Hal penting juga yang ditekankan oleh Saiful Hadi adalah bahwa peringatan HAB ini tidak hanya sekedar peringatan semata, akan tetapi ada harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian seluruh civitas akademika dalam melayani seluruh umat.

“Pada peringatan HAB ini tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung tekad dan harapan untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama. Maka pada HAB ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” tegas Saiful dalam amanahnya.

Rangkaian kegiatan HAB Ke 78 Kemenag RI di lingkungan IAIN Madura sudah dimulai sejak tanggal 27 Desember 2023 – 03 Januari 2024 diantaranya Lomba Futsal, Lomba Kreasi Konten, Apel HAB Ke 78, Donor Darah dan Penanaman Pohon.

Kegiatan apel kali ini terasa berbeda, mengingat pada tahun 2023 IAIN Madura berhasil melahirkan sebanyak 10 Guru Besar dari “Rahim” sendiri, sehingga tampak barisan para Guru Besar IAIN Madura.

Pada HAB ke 78 ini juga diberikan beberapa penghargaan baik perorangan atau kelembagaan atas prestasi yang telah diraih selama tahun 2023, diantaranya:

  1. Dosen dengan ranking Sinta terbaik;
  2. Jurnal terbaik terindeks Scopus Q1;
  3. Program studi dengan kinerja terbaik;
  4. Ketua Program Studi Terbaik;
  5. Juara lomba Kreasi Konten HAB Ke-78;
  6. Juara lomba Futsal HAB Ke-78;
  7. Dosen terbaik Fakultas;
  8. Tenaga Kependidikan ASN dan Non-ASN terbaik;
  9. ORMAWA dengan kinerja terbaik;
  10. Tenaga kontrak terbaik.

Setelah kegiatan Apel HAB Ke 78 Kemenag RI selesai dilaksanakan, kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan Donor Darah dengan tema “Setetes darahmu, wujud kepedulian untuk kemanusiaan” kerja sama Panitia HAB Ke 78 dengan ORMAWA (Unit Kegiatan Khusus KSR PMI IAIN Madura) dan PMI Kabupaten Pamekasan. Jumlah pendonor yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 24 orang (dengan rincian 3 orang tidak memenuhi syarat) dan dihasilkan 21 kantong darah.

Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Dr. Mulyadi, S.S., M.Pd. (Ketua LPM), Mashur Abadi, M.Fil. (Ketua LP2M), Mustajab, S.Ag., M.IP. (Kepala Perpustakaan), dan Abd. Wafi, M.Pd. (Kepala Unit Bahasa). Acara kegiatan HAB Ke 78 ditutup dengan tasyakkuran berupa pemotongan tumpeng oleh Rektor IAIN Madura dengan harapan di tahun 2024 IAIN Madura menjadi kampus yang semakin maju dan mampu memberikan pelayanan prima kepada umat.

Achmad Firdausi / Humas