Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

BNSP Lakukan Full Assessment terhadap LSP IAIN Madura, BNSP: sebagai Jaminan bahwa Lulusan IAIN Madura Berkualitas

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Jumat, 23 Februari 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan - Full Assessment Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) IAIN Madura yang ditempatkan di Auditorium Fakultas Syariah pada Jum'at (23/02/2024). Kegiatan full assessment ini dilaksanakan oleh tim penilai dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang dikomandani oleh salah satu Komisioner BNSP, yaitu Muhammad Nur Hayid, M.M. dengan tema "Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiwa".

Hadir dalam kegiatan ini Rektor dan Wakil Rektor 1, Ketua LSP beserta seluruh Asesor LSP, Kasubbag TUPRT serta para Dekan di lingkungan IAIN madura.

Pada saat membuka acara Saiful Hadi selaku rektor menyampaikan bahwa kehadiran LSP ini kita jadikan bagaimana kesadaran kritis kemanusiaan untuk memanusiakan manusia yang sebenarnya, khususnya mahasiswa IAIN Madura. “Jadi kita ingin melahirkan lulusan yang tidak hanya cukup dengan kriteria lulus dengan kesesuaian SKS dan memperoleh kumpulan nilai semata yang diperoleh oleh mahasiswa selama kuliah. Tetapi kita berusaha untuk memberikan kekuatan dimana setiap mahasiswa yang lulus itu memiliki seperangkat ilmu pengetahuan dan kompetensi yang betul-betul dibutuhkan di masa depan,” jelas beliau.

Lebih lanjut Saiful Hadi berharap adanya LSP ini bahwa “skema-skema yang akan IAIN Madura lekatkan pada kurikulum pembelajaran sudah bebasis pada jenis-jenis kompetensi yang sudah ada pada mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu melakukan edukasi diri maupun menciptakan pengalaman yang dibutuhkan kedepan di masyarakat. Dan kita antarkan setelah lulus mereka benar-benar mampu bersaing di dunia usaha atau industry di tengah-tengah masyarakat,” harap Saiful Hadi selaku rektor.

Maka dari itu semua program-program kompetensi yang ada di LSP ini akan dicantumkan pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dan ini akan menjadi bekal bagi mahasiswa untuk berkompetisi setelah lulus. Dengan demikian IAIN Madura bisa dikenal oleh Masyarakat luas ketika lulusannya mampu berkompetisi dan menemukan pekerjaan-pekerjaan serta sesuai dengan profil lulusan yang dicitrakan oleh Lembaga.

Foto: Brosur Pendaftaran Mahasiswa Baru TA 2024/2025

"Maka dari itu, pada kegiatan full assesment ini, pemateri kita bapak Muhammad Nur Hayid, M.M. selaku Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dapat memperkuat arah pemikiran yang baik bagi kampus kita kedepan khususnya terkait Lembaga Sertifikasi Profesi," tutup Rektor.

Sementara itu, dalam paparannya Muhammad Nur Hayid menyampaikan bahwa membuat LSP itu tidak mudah karena banyak sekali dokumen yang harus dilengkapi. Akan tetapi ketika IAIN Madura memiliki ini, maka ini menjadi prestasi yang luar biasa. Perlu diketahui bahwa di Kementerian Agama sudah ada mandat berupa bantuan LSP yang basisnya agama, ini baru ada dua universitas Islam yaitu Yogyakarta, dan Surabaya. 

Selain itu, Hayid memastikan bahwa dengan hadirnya LSP bisa menjawab pertanyaan bagaimana alumni IAIN Madura ini diterima di dunia kerja atau industri. "Kita Ingin memastikan bahwa semua jurusan yg ada di IAIN Madura menjadi terukur dengan hadirnya LSP, serta akan ada jaminan mutu lulusan yang kita didik dan mudah diterima di dunia usaha," tutup Hayid selaku Komisioner BNSP.

Langkah ini penting karena dapat membantu dalam mengevaluasi kualitas kompetensi lulusan yang diberikan oleh setiap program studi. Dengan memiliki metode evaluasi dan ukuran yang jelas, institusi dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan masing-masing lulusan program studi untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa. Hal ini juga dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang kemajuan setiap program studi serta membantu dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Achmad Firdausi / Humas