Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Dibuka Mulai Hari Ini, Pendaftaran PMB Jalur SPAN-PTKIN IAIN Madura 2024

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 12 Februari 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan - Tepat mulai hari ini Senin (12/02/2024), pendaftaran PMB Jalur SPAN-PTKIN IAIN Madura resmi dibuka mulai tanggal 12 Februari - 15 Maret 2024.

Wakil Rektor 1 IAIN Madura Prof. Dr. H. Maimun, S.Ag., M.H.I., selaku Ketua Panitia PMB IAIN Madura Tahun 2024 pada rapat lanjutan evaluasi strategi sosialisasi menyampaikan bahwa PMB Tahun ini IAIN Madura membuka 3 jalur seleksi PMB yaitu Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN); Jalur Ujian Masuk (UM) PTKIN; dan Jalur Mandiri (prestasi, reguler, afirmasi).

Prof. Maimun menjelaskan, jalur SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi pendukung lainnya.

"Siswa kelas XII yang sekolahnya sudah terverifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dapat mendaftarkan diri melalui span.ptkin.ac.id mulai hari ini Senin,12 Februari hingga 15 Maret 2024. Dan hasil seleksi jalur ini akan diumumkan pada 2 April 2024 mendatang,” ujar Warek 1.

Lebih lanjut beliau menyebutkan, adapun kedua jalur lainnya yakni Jalur UM PTKIN akan dibuka mulai 17 April 2024 dan Jalur Mandiri akan dibuka mulai 04 April 2024. Sedangkan Informasi lebih lanjut mengenai Jalur SPAN PTKIN dapat diakses melalui span.ptkin.ac.id dan informasi mengenai PMB IAIN Madura Tahun 2024 dapat diakses melalui website pmb.iainmadura.ac.id.

Sementara Rektor saat memberikan arahan pada rapat koordinasi sosialisasi PMB tahun 2024 IAIN Madura menegaskan bahwa rakor ini sebagai bahan evaluasi untuk melakukan upaya-upaya yang lebih maksimal dalam bekerja dan mensosialisasikan ke sekolah-sekolah atau lembaga-lembaga pondok pesantren. "Kita menginginkan ada peningkatan jumlah kuota minat calon mahasiswa baru untuk kuliah di IAIN Madura. Semua prodi saya berharap untuk bekerja semaksimal mungkin dalam mensosialisasikan ke sekolah-sekolah maupun lemgaga pondok pesantren,” tegas Saiful Hadi.

Senada dengan Rektor dalam penjelasannya, Prof. Maimun berpesan bahwa kita sudah sering melakukan terobosan baru dalam upaya menarik minat calon mahasiswa baru untuk melanjutkan kuliah di IAIN Madura. Tapi untuk sosialisasi PMB tahun ini para Kaprodi sebagai bagian dari tim sosialisasi dituntut harus lebih kreatif, seperti prodi dapat memaanfaatkan sosial media masing-masing untuk mengemas isi kegiatan tentang prodinya. Hal itu penting untuk disosialisasikan ke sekolah-sekolah atau lembaga pondok pesantren, mengingat Kaprodi sebagai ujung tombak sosialisasi PMB Tahun 2024.

“Rapat ini kita mengevaluasi SPMB dari tahun ke tahun, mengevaluasi kekurangan-kekurangan apa dan strategi apa yang harus kita lakukan bersama serta upaya-upaya apa yang akan kita lakukan agar SPMB 2024 ini sukses sesuai dengan kebutuhan jumlah kuota kita bisa tercapai sesuai target.” Imbuhnya.

Hadir pada rapat koordinasi sosialisasi hari ini, yaitu Rektor, Wakil Rektor 1 dan 3, Sekretaris panitia PMB 2024, Koordinator Sosialisasi dan Seluruh Anggota, Koordinator Kesekretariatan, Koordinator Perlengkapan dan IT, serta Koordinator Konsumsi.

(Achmad Firdausi / Humas)