Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 6123433

Email

info@iainmadura.ac.id

Memperkuat Profil Desa, Data Spasial dan Sosial Desa: IAIN Madura Melaksanaan KKN Kolaboratif Melibatkan Enam Perguruan Tinggi PTKI dan PTU

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 26 Februari 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif antar Perguruan Tinggi yang diinsiasi oleh IAIN Madura sudah memasuki tahun ketiga. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa kolaborasi dari enam Perguruan Tinggi yang terdiri dari Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan meliputi IAIN Madura sebagai tuan rumah, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIM Pamekasan, Universitas Islam Al-Amirn Prenduan dan Universitas An-Nuqayah Sumenep. Kegiatan ini dikelola oleh LP2M IAIN Madura sebagai perwujudan visi Rektor untuk membangun kemitraan dan jaringan kerjasama yang lebih kuat baik secara Nasional maupun Internasional dalam rangka membangun peradaban dan pendidikan Islam terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Mulai hari Jum’at-Minggu (23-24/02/2024), para Ketua LP2M dan Kapus Pengandian Masyarakat berkumpul di kampus IAIN Madura membahas teknis/mekanisme  pelaksanaan, pembahasan draf buku pedoman, sekaligus meninjau dan melakukan need assement pada 10 rencana lokasi desa yang ada pada dua kecamatan di Pegantanan Pamekasan dan Kecamatan Talango Sumenep. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif antar Perguruan Tinggi ini berlokasi di 2 Kecamatan dan 10 Desa, akan dilaksanakan pada tanggal 01 Juli – 31 Juli (selama 30 hari).

Untuk tahun pertama pelaksanaa KKN kolaboratif enam perguruan tinggi keagamaan dan umum ini lebih menekankan kepada program pengumpulan dan verifikasi profil desa, data spasial dan sosial desa, sehingga bisa diketahui akar masalah dan kebutuhan dari desa untuk kegiatan KKN ditahun mendatang, direncakan akan dilaksankan ditempat dan dosen pembimbing lapangan yang sama. Profil desa, data spasial dan sosial desa yang dihasilkan juga diharapkan menjadi data pendukung dan pembanding untuk melakukan program-program pembangunan di desa. Dilokasi KKN akan diturunkan mahasiswa dengan berbagai keahlian untuk mencapai tujuan tersebut baik dari Fakultas Keagamaan, Sosial Humaniora, Statisitk, Sain dan Teknologi yang berasal dari enam kampus.

Kegiatan KKN kolaboratif ini juga akan disandingkan dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen guna menguatkan program desa mitra terutama pada bakal lokasi Kampus II IAIN Madura di kecamatan Pegantanan. Dengan kegiatan-kegiatan pengabdian ini diharapkan IAIN Madura dan Kampus mitra bisa dekat dan lebih berkontribusi kepada masyarakat Madura.

Pewarta: Erie Hariyanto

Editor: Achmad Firdausi / Humas