Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 6123433

Email

info@iainmadura.ac.id

Okara Jurnal IAIN Madura Mengejar Posisi Internasional: Menggalang Langkah Taktis dan Strategis untuk Meningkatkan Kualitas

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 27 Februari 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan – Okara Jurnal, yang kini menduduki peringkat Sinta 2, tengah melakukan langkah-langkah penting dalam rangka meningkatkan posisinya di tingkat internasional. Langkah-langkah ini dilakukan pasca penurunan indeksasi Web of Science (WOS) dan Scopus.

Sebagai bagian dari rencana pembaruan, Okara Jurnal melaksanakan rapat kerja intensif pada Jum’at – Minggu (26-28/01/2024) di Kota Batu, Malang. Para pengelola jurnal dikarantina untuk melakukan perbaikan-perbaikan sesuai saran dari tim Committee on Publication Ethics (COPE), Scopus dan editor Esci  Web of Science.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari indikator kinerja utama Rektor IAIN Madura, yang menunjukkan komitmen kuat terhadap peningkatan kualitas jurnal di lingkungan perguruan tinggi khususnya IAIN Madura.

Dalam rapat kerja tersebut, langkah-langkah taktis dan strategis dilakukan, termasuk pembenahan Open Journal System (OJS) dan kerjasama kelembagaan dengan asosiasi profesi kebahasaan baik nasional maupun internasional.

Ghofur, Editor in Chief Okara Jurnal, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu keharusan. Menurutnya, ini adalah tuntutan akademis dan upaya untuk menaikkan peringkat jurnal ke level yang lebih tinggi. Ghofur menekankan bahwa dampaknya sangat signifikan. Jika Okara Jurnal berhasil terindeks di WOS dan/atau Scopus, para akademisi dan penulis, baik dalam negeri maupun internasional, akan berlomba-lomba untuk menerbitkan tulisan mereka di jurnal ini. Saat ini, setiap edisi Okara Jurnal menerima tidak kurang dari 180 artikel yang bersaing untuk dapat diterbitkan.

Dengan tekad yang kuat dan langkah-langkah yang diambil, Okara Jurnal IAIN Madura berharap dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pengembangan ilmu kebahasaan secara global. Pergulatan ini tidak hanya menciptakan peluang bagi penulis-penulis lokal tetapi juga memajukan reputasi dan pengakuan internasional untuk lembaga dan jurnal ini.

Pewarta: Erie Hariyanto

Editor: Achmad Firdausi / Humas