Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 6123433

Email

info@iainmadura.ac.id

LSP IAIN Madura Upgrading Uji Kompetensi Asesor dan Penyusunan MUK Versi 2023

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 1 April 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) IAIN Madura menggelar Upgrading Materi Uji Kompetensi (MUK) Versi 2023 pada Senin, 01 April 2024 di Cahaya Berlian Hotel Pamekasan. Acara ini bertujuan untuk memperbarui dan meningkatkan kualitas materi uji kompetensi yang digunakan dalam proses sertifikasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN Madura, Wakil Rektor II dan III, 20 Asesor LSP IAIN Madura, Tim Humas IAIN Madura, serta Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini, yaitu: Dr. Sumiati, M.M. sebagai master asesor BNSP.

Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan, pertama bahwa tujuan upgrade MUK LSP IAIN Madura ini adalah bagaimana pada masa yang akan datang mahasiswa IAIN Madura memiliki karakter, bekal yang cukup, dan kompetensi yang kuat. Kemudian sesuatu yang penting juga untuk diketahui, bahwa dunia usaha dan dunia industri adalah suasana masa depan yang sangat penting dan tidak bisa dipisahkan. Sehingga harus betul-betul diamati setiap perubahan dan perkembangannya.

“Oleh karena itu, hadirnya LSP untuk membangun citra perguruan tinggi dengan mempersiapkan mahasiswa agar memiliki tiga karakter tersebut, sebagai pijakan mahasiswa dalam melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik dan membangun jaringan di Masyarakat,” ungkap Rektor.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, “karena tugas IAIN Madura tidak hanya sebatas menyelenggarakan kegiatan akademik yang memotret mahasiswa hanya sebatas pada nilai yang diperoleh, akan tetapi dapat memberikan terobosan-terobosan baru berupa rekognisi bahwa mahasiswa memiliki kompetensi berdasarkan sertifikat kompetensi yang diatur secara nasional dan diakui level internasional,” ugkap Rektor.

Yang kedua, dalam penyiapan dokumen dan instrumen yang kuat bagi setiap program studi adalah berbentuk munculnya rekognisi lulusan berdasarkan sertifikat kompetensi yang dapat dimiliki oleh mahasiswa melalui proses LSP ini. “Ketika kompetensi LSP ini benar-benar jalan dan berkembang di masa yang akan datang, maka akan dapat memberikan dampak kepada mahasiswa, sehingga nanti akan tercipta animo di kalangan mahasiswa untuk memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing,” tegasnya.

Kedepan LSP IAIN Madura memiliki target dari kegiatan ini, akan dihasilkan Materi Uji Kompetensi (MUK) versi 2023 sesuai dengan skema masing-masing. MUK ini selanjutnya akan digunakan untuk melaksanakan Uji Kompetensi terhadap mahasiswa. “Dengan adanya pembaruan materi uji kompetensi sesuai versi 2023, diharapkan LSP IAIN Madura dapat berkomitmen dengan baik untuk menjaga relevansi dan daya saing dalam proses sertifikasi,” Ujar Mad Sa’i, selaku Ketua LSP IAIN Madura.

 


Editor: Achmad Firdausi             Pewarta: Zuhdi           Fotografer: Arya Primadi N.