Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Bimbingan Teknis UM-PTKIN 2024: Dorong Sosialisasi Terstruktur dan Branding Kampus

  • Diposting Oleh Arya Primadi Nugroho
  • Jumat, 17 Mei 2024
  • Bagikan ke

Jakarta - Pada Kamis (16/05/2024) malam, Ketua Forum Rektor PTKN Indonesia, Prof. Dr. TGH. Masnun Tahir, M.Ag., resmi membuka acara Bimbingan Teknis Pendaftaran dan Sosialisasi UM-PTKIN Tahun 2024. Acara yang diadakan di Hotel Virtu Harmoni Jakarta, Jl. Hayam Wuruk No. 6 ini, dihadiri oleh peserta PJ Humas dan TIK PTKIN dari seluruh Indonesia serta Staf Khusus Menteri Agama RI Bidang Media dan Komunikasi Publik, Bapak Wibowo Prasetyo.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. TGH. Masnun Tahir, M.Ag., menghimbau agar Humas PTKIN melakukan sosialisasi secara terstruktur, sistemik, dan massif (TSM). Ia juga menekankan pentingnya kemampuan humas dalam membranding kampus masing-masing untuk menarik minat calon mahasiswa.

Foto: Ketua Forum Rektor saat membuka kegiatan.

"Sosialisasi yang terstruktur, sistemik, dan massif adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap PTKIN. Selain itu, kemampuan humas dalam membranding kampus akan sangat berpengaruh dalam menarik minat calon mahasiswa," ujarnya.

Hal ini juga ditegaskan oleh Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si., yang menekankan pentingnya sinergitas antara humas dan Tim TIK pada PTKIN. Menurutnya, kerjasama yang baik antara kedua tim ini akan memaksimalkan sosialisasi pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur UM-PTKIN.

"Sangat penting bagi Humas dan Tim TIK untuk bekerja sama dalam melakukan sosialisasi yang massif. Ini akan memastikan bahwa informasi tentang pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur UM-PTKIN dapat menjangkau calon mahasiswa di seluruh Indonesia," jelasnya.

Foto: Para Penanggung Jawab Humas PTKIN Se-Indonesia 

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Agama RI, Bapak Wibowo Prasetyo, menekankan agar sosialisasi dilakukan sepanjang tahun, tidak hanya saat pendaftaran mahasiswa baru. Menurutnya, sosialisasi yang kontinu akan meningkatkan minat masyarakat untuk menjadikan PTKIN sebagai pilihan utama dalam melanjutkan Pendidikan.

"Sosialisasi harus dilakukan sepanjang tahun agar animo masyarakat terhadap PTKIN terus meningkat. Dengan demikian, PTKIN akan menjadi destinasi utama bagi masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi," tegasnya.

PJ Humas IAIN Madura, Achmad Firdausi yang turut menghadiri kegiatan ini bersama Samsul Arifin selaku PJ TIK melaporkan bahwa untuk pendaftar melalui jalur UM-PTKIN per hari ini Jum’at (17/05/2024) pukul 07.40 WIB total sebanyak 987 orang pendaftar dengan rincian: pilihan 1 sebanyak 342 pendaftar, pilihan 2 sebanyak 334 pendaftar, dan pilihan 3 sebanyak 311 pendaftar, dengan daya tampung 1170 orang.

Acara Bimbingan Teknis ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pendaftaran dan sosialisasi UM-PTKIN, sehingga PTKIN dapat menjaring lebih banyak mahasiswa berkualitas di tahun 2024.

 


Penulis: Achmad Firdausi