Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pembukaan Akreditasi Lapangan Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Madura

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Kamis, 30 Mei 2024
  • Dilihat 13 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar acara pembukaan Akreditasi Lapangan (AL) untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah pada Kamis (30/05/2024). Acara yang berlangsung dengan penuh khidmat ini dihadiri oleh Rektor IAIN Madura, Wakil Rektor I, Dekan Fakultas Tarbiyah beserta seluruh jajaran, Kaprodi PBA R. Taufikurrahman, M.Pd.I., serta dua orang asesor: Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag., dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Dr. Fatwa Arifah, S.Pd., M.A.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta.   

Dalam sambutannya, Dr. Saiful Hadi, M.Pd., selaku Rektor IAIN Madura menyampaikan harapannya kepada para asesor agar pelaksanaan akreditasi ini bisa unggul, akan tetapi tidak hanya sekadar penilaian, tetapi juga mencakup bimbingan, pembinaan, dan pengembangan. "Kami harap kepada Bapak/Ibu Asesor agar pelaksanaan AL ini bisa sesuai harapan yaitu unggul dan juga tidak hanya sebatas akreditasi tentang penilaian, tapi mohon bimbingan, pembinaan, dan pengembangan agar Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ini menjadi lebih baik lagi serta terjadi perubahan secara tersistem dari sisi pengembangan materi kurikulum yang lebih komprehensif agar bisa mengantarkan mahasiswa menjadi mahasiswa yang unggul dan aktivitas pembelajaran juga bisa kita kuatkan bersama," ujar Rektor.

Lebih lanjut, Rektor juga menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada kedua asesor atas kehadirannya di IAIN Madura, serta ucapan terima kasih kepada seluruh pengelola Program Studi Pendidikan Bahasa Arab atas kerja keras dan dedikasinya. "Kami sangat berterima kasih kepada Prof. Dr. Yayan Nurbayan dan Dr. Fatwa Arifah yang telah hadir di kampus kami untuk melakukan akreditasi ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh pengelola Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang telah bekerja keras mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan ini," tambahnya.

Asesor 1, Prof. Dr. Yayan Nurbayan, M.Ag., menyampaikan apresiasinya terhadap kesiapan IAIN Madura dalam menghadapi akreditasi ini dan berharap bisa memberikan masukan yang berharga. Sementara itu, Asesor 2, Dr. Fatwa Arifah, S.Pd., M.A.Pd., menekankan pentingnya sinergi antara institusi dan asesor dalam mencapai tujuan akreditasi yang diharapkan.

Setelah pelaksanaan kegiatan ini selesai, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, khususnya dalam meningkatkan kualitas kurikulum dan proses pembelajaran yang lebih komprehensif dan terstruktur. Dengan bimbingan dan evaluasi dari para asesor, diharapkan Program Studi PBA dapat terus berkembang dan mencetak lulusan yang kompeten serta siap bersaing di dunia kerja.

 


Penulis: Achmad Firdausi               Fotografer: Arya Primadi N