Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pembukaan Kegiatan Peningkatan Kompetensi ASN Tenaga Kependidikan IAIN Madura Tahun 2024

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Sabtu, 25 Mei 2024
  • Dilihat 23 Kali
Bagikan ke

Mojokerto – Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura) menggelar kegiatan Peningkatan Kompetensi bagi ASN Tenaga Kependidikan Tahun 2024 yang diselenggarakan di Hotel Arayanna, Trawas, Mojokerto mulai Jum’at-Minggu (24-26 Mei 2024). Acara ini dihadiri oleh Rektor, Kepala Biro AUAK, Pejabat Struktural dan seluruh tenaga ASN, khususnya tenaga kependidikan, dengan total peserta sebanyak 65 orang, yang bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas kemampuan kerja para tenaga kependidikan.

Dr. H. Syamsul Bahri, M.Pd.I., Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Madura, dalam laporannya mengungkapkan pentingnya kegiatan ini. "Kami sampaikan kepada Bapak Rektor bahwa kegiatan di Trawas ini dalam rangka bersama-sama mengevaluasi dan meningkatkan kualitas kemampuan kerja kita, khususnya tenaga kependidikan di IAIN Madura, karena insya Allah sebentar lagi akan berubah menjadi UIN," ujar Syamsul Bahri.

Foto: Arahan dari narasumber, Dr. Wawan Junaidi, M.A. (Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI)

Beliau juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemateri Dr. Wawan Djunaedi, M.A., selaku Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, yang berkenan hadir pada kegiatan ini di tengah kesibukannya.

Rektor IAIN Madura, Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., memberikan perhatian khusus terhadap kegiatan ini karena beliau menginginkan perubahan signifikan dalam kinerja tenaga kependidikan, seiring dengan transformasi IAIN Madura menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Dalam sambutannya, Dr. Saiful Hadi menuturkan “bahwa terdapat tiga diksi utama yang menjadi fokus kegiatan ini: perubahan, pengembangan, dan kemajuan, ketiga diksi ini kita jadikan nafas yang insya Allah tidak akan lama lagi diijabah oleh Allah SWT," tegas Rektor.

Foto: Peserta kegiatan Peningkatan Kompetensi ASN IAIN Madura Tahun 2024

Dr. Saiful Hadi menjelaskan dua aspek penting terkait program digitalisasi kampus yang harus diperbaiki bersama untuk memajukan IAIN Madura. “Pertama, peningkatan kualitas layanan tri dharma perguruan tinggi kepada mahasiswa, mulai dari mereka masuk sampai lulus dan menjadi alumni. Harus ada kualitas layanan yang bermutu terkait pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua, hakikat digitalisasi kampus adalah membangun birokrasi yang efektif dan efisien, kualitas layanan utamanya adalah aspek-aspek dalam bidang keuangan dan kepegawaian. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kita berupaya meningkatkan kualitas layanan ini semakin baik dan lebih baik lagi," tegas Dr. Saiful Hadi.

Setelah sambutan Rektor, acara dilanjutkan dengan arahan dari Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI, Dr. Wawan Junaidi, M.A., dalam arahannya, Dr. Wawan Junaidi memberikan panduan terkait peningkatan kompetensi ASN di IAIN Madura. Beliau menekankan pentingnya profesionalisme dan peningkatan kapasitas ASN untuk mendukung transisi IAIN Madura menjadi UIN.

Foto: Sesi foto bersama dengan Narasumber Dr. Wawan Junaidi, M.A. (Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI)

Acara ini kemudian berlanjut dengan sesi diskusi yang interaktif, di mana peserta berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan mencari solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi dalam pekerjaan sehari-hari. Diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Madura. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kompetensi tenaga kependidikan di IAIN Madura akan meningkat secara signifikan, mendukung transformasi institusi menjadi UIN, serta mewujudkan layanan akademik dan administratif yang lebih baik dan efisien.

 


Penulis: Achmad Firdausi                           Fotografer: Arya Primadi N.