Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Refleksi dan Arah Pendidikan: Peringatan Hardiknas di IAIN Madura Merefleksi Jasa Pahlawan Pendidikan dan Tantangan Masa Depan

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Kamis, 2 Mei 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan – Pada hari ini, Kamis (02 Mei 2024), peringatan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas dirayakan dengan beragam apresiasi oleh para pendidik di seluruh penjuru negeri, terutama oleh Rektor IAIN Madura, mengingat hari tersebut merupakan hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara. Selain sebagai penghormatan terhadap pahlawan pendidikan, hari tersebut juga menjadi momen refleksi bagi semua orang tentang pentingnya pendidikan bagi bangsa dan negara Indonesia.

Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd., Rektor IAIN Madura, menyatakan bahwa penetapan Hardiknas sebagai hari nasional telah diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. Tanggal 02 Mei dipilih berdasarkan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara.

"Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 02 Mei 1889, dan dikenal sebagai sosok yang kritis terhadap kebijakan pemerintah kolonial Belanda, khususnya terkait pendidikan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenang sejarah perjuangannya setiap kali memperingati hari kelahirannya."