Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Humas dan IMTV IAIN Madura Berakhir dengan Sukses di Pantai Sembilan

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Jumat, 24 Mei 2024
  • Dilihat 48 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelola Humas dan IMTV IAIN Madura yang berlangsung selama tiga hari di Pantai Sembilan Sumenep resmi ditutup pada hari Rabu pagi (22/05/2024). Acara penutupan dihadiri oleh Dr. H. Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si. (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama), Achmad Firdausi, M.Pd.I. (Koordinator Tim Humas), Ahmad Suyitno, S.Sos. (Direktur IMTV), para panitia, pengelola humas dan IMTV IAIN Madura, serta Nur Khalis (Narasumber; Jurnalis Kompas TV).

Workshop yang dimulai pada 20 Mei 2024 ini, dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama, Dr. H. Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si., dan menghadirkan berbagai sesi pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengelola humas dan anggota IMTV dalam menyampaikan informasi dan membangun citra positif institusi.

Dalam sambutan penutupannya, Wakil Rektor III menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme dan partisipasi aktif dari semua peserta. "Kami sangat mengapresiasi semangat dan partisipasi aktif dari seluruh peserta selama workshop ini. Kami berharap pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga hari ini dapat diterapkan dalam tugas sehari-hari untuk meningkatkan kualitas layanan informasi dan publikasi di IAIN Madura," ujarnya.

Foto: Sesi foto bersama seluruh peserta kegiatan

Malhum (sapaan akrab Wakil Rector III) juga menekankan pentingnya kontinuitas dalam belajar dan beradaptasi dengan perkembangan global terutama dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi. "Dunia komunikasi dan media terus berkembang, dan kita harus selalu siap untuk beradaptasi. Saya berharap para peserta dapat terus belajar dan mengembangkan diri, serta membawa inovasi dalam setiap karya mereka," tambahnya.

Salah satu peserta, Anisaul Maghfiroh (salah satu kru IMTV), berbagi pengalaman positifnya selama mengikuti workshop. "Workshop ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama dalam meningkatkan pemahaman tentang bagaimana menjadi presenter profesional, teknik pengambilan gambar, pembuatan berita televisi, dan teknik komunikasi yang efektif. Kami juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung, yang sangat membantu dalam menerapkan teori yang dipelajari," kata Anisa.

Selama workshop, para peserta mengikuti berbagai sesi pelatihan, termasuk menjadi presenter dan membuat narasi berita, pengambilan gambar dan editing, serta produksi video dan penyiaran. Mereka juga diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan praktik langsung di lokasi pantai yang indah, yang menambah semangat dan kreativitas dalam belajar.

Foto: Pemberian cinderamata oleh Direktur IMTV kepada Narasumber

Sebagai penutup, Malhum menyampaikan harapannya agar workshop ini menjadi awal dari banyak inisiatif serupa di masa depan. "Kami berharap workshop ini menjadi awal dari banyak inisiatif serupa yang akan terus meningkatkan kapasitas dan kemampuan kita semua. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam suksesnya acara ini dan saya harap pengelola humas semakin kompak dan bersinergi kedepannya," tutupnya.

Sementara itu, Achmad Firdausi selaku Koordinator Humas menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya IAIN Madura untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang komunikasi dan informasi. “Alhamdulillah, workshop berlangsung dan berakhir dengan sukses, kami harap para pengelola humas dan anggota IMTV IAIN Madura dapat lebih profesional dalam menjalankan tugas mereka, serta mampu mempromosikan kegiatan dan prestasi kampus dengan lebih efektif lagi,” imbuhnya.

Dengan berakhirnya workshop ini, IAIN Madura semakin optimis untuk terus berkontribusi kepada masyarakat secara luas sebagai institusi pendidikan tinggi yang religius, kompetitif, kolaboratif dengan didukung oleh tim humas dan media yang handal dan profesional.

 


Penulis: Achmad Firdausi                           Fotografer: Arya Prima/Roby kru IMTV