Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

IAIN Madura Gelar Pelantikan dan Rapat Kerja ORMAWA 2024-2025: Perkuat Moderasi Beragama dan Kepemimpinan Mahasiswa

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Rabu, 5 Juni 2024
  • Dilihat 84 Kali
Bagikan ke

Sumenep – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar kegiatan Pelantikan dan Rapat Kerja Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) Masa Khidmat 2024-2025 yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Juni 2024 di Hotel De Baghraf, Sumenep. Kegiatan ini bertema "Penguatan Organisasi Kemahasiswaan sebagai Penggerak Moderasi Beragama dan Leadership di Kampus IAIN Madura”. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah narasumber dan pejabat penting, termasuk Dr. Nur Shoib, S.H., M.H. (Kasubdit Sarpras & Kemahasiswaan Kemenag RI), Rektor IAIN Madura, Wakil Rektor III IAIN Madura, Kasubbag Layanan Akademik, Tim Humas, serta seluruh pengurus Organisasi Kemahasiswaan IAIN Madura Periode 2024-2025.

Foto: Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama IAIN Madura

Pada Rabu malam (05/06/2024), acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Dr. Mohammad Ali Al Humaidy, M.Si., yang memberikan laporan kepada Rektor IAIN Madura. Dalam sambutannya, Dr. Mohammad Ali Al Humaidy menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah awal menuju penguatan organisasi kemahasiswaan yang lebih solid dan berintegritas. "Pelantikan dan rapat kerja ini bertujuan untuk menguatkan tali persaudaraan dan silaturahim setelah kita melalui kontestasi pemilihan ketua-ketua organisasi kemahasiswaan, serta mampu memperkuat komitmen kita untuk memajukan kampus dengan berbagai prestasi yang lebih baik lagi," ujar Dr. Mohammad Ali Al Humaidy.

Foto: Prosesi Pelantikan oleh Dr. H. Saiful Hadi, M.Pd. selaku Rektor IAIN Madura

Setelah sambutan pembukaan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pengurus ORMAWA terpilih periode 2024-2025 oleh Kasubbag Layanan Akademik, Sumartono, S.H., yang dilanjutkan dengan prosesi pelantikan pengurus ORMAWA dilakukan oleh Rektor IAIN Madura, Dr. Saiful Hadi, M.Pd.

Dalam arahannya, setelah melantik pengurus terpilih, Dr. Saiful Hadi menegaskan pentingnya sinergi kemahasiswaan dalam membangun budaya kemahasiswaan yang lebih moderat dan modern untuk mewujudkan sumber daya manusia berkualitas guna menyongsong Indonesia emas pada tahun 2045. "Kita mencoba membangun kerangka berpikir sinergi kemahasiswaan dan membangun kultur kemahasiswaan yang lebih baik lagi untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul tahun 2045," ujar Rektor IAIN Madura.

Foto: Pengurus Organisasi Kemahasiswaan IAIN Madura Periode 2024-2025

Beliau juga menambahkan, "Mahasiswa IAIN Madura harus mampu membuka pergaulan seluas-luasnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dengan demikian, kita bisa belajar dan bersaing di berbagai forum global, serta membawa nama baik kampus ke kancah yang lebih luas," harap Rektor. Tidak lupa Saiful Hadi juga menyampaikan apresiasi kepada Ketua Senat dan Dewan Mahasiswa demisioner atas dasar-dasar kegiatan akademik yang telah mereka letakkan selama kepengurusan sebelumnya. Beliau berharap agar pengurus baru dapat melanjutkan dan meningkatkan capaian-capaian yang telah ada.

Foto: Paparan tentang Arah Kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam pada kelembagaan mahasiswa dan program kemahasiswaan PTKIN oleh Dr. Nur Shoib, S.H., M.H.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Dr. Nur Shoib, S.H., M.H., yang membahas tentang Arah Kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam pada kelembagaan mahasiswa dan program kemahasiswaan PTKIN. Paparan ini memberikan wawasan tentang pentingnya peran organisasi kemahasiswaan dalam mendukung kebijakan dan program-program strategis di lingkungan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Foto: Peserta Pelantikan dan Rapat Kerja Ormawa Periode 2024-2025

Dengan dilaksanakannya Pelantikan dan Rapat Kerja ini, diharapkan para pengurus ORMAWA IAIN Madura periode 2024-2025 dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, serta menjadi penggerak utama dalam moderasi beragama dan leadership di kampus IAIN Madura. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini diisi dengan berbagai sesi diskusi dan perencanaan program kerja yang bertujuan untuk memperkuat organisasi kemahasiswaan dan meningkatkan kualitas kegiatan kemahasiswaan di IAIN Madura.

 


Penulis: Achmad Firdausi              Fotografer: Arya Primadi/Suyitno