Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024: IAIN Madura Gaungkan Semangat Persatuan dan Gotong Royong

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Sabtu, 1 Juni 2024
  • Dilihat 18 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 dengan penuh khidmat. Upacara ini dihadiri oleh Rektor IAIN Madura, Wakil Rektor I dan Wakil Rektor II, serta seluruh civitas akademika IAIN Madura. Bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Rektor adalah Wakil Rektor I, Prof. Dr. Maimun, S.Ag., M.H.I., yang membacakan naskah pidato resmi Hari Lahir Pancasila 2024 yang diterbitkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Dalam pidato yang dibacakan oleh Prof. Dr. Maimun, disampaikan bahwa pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Peringatan tahun ini mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini menekankan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," ungkap Prof. Dr. Maimun, membacakan pidato. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, dengan nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila, sebagai meja statis, terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam tantangan dan ujian sejarah, dan sebagai bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Foto: Dokumentasi bersama seluruh peserta upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di IAIN Madura pada 01 Juni 2024

Prof. Dr. Maimun juga menegaskan pentingnya mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ideologi ini dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. "Selain regulasi yang berlandaskan semangat dan jiwa Pancasila, kita juga memerlukan keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia," tegasnya.

Perkembangan situasi global dengan kemajuan teknologi komunikasi yang pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. "Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan," lanjutnya. Pesatnya kemajuan teknologi informasi, terutama dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar, harus dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten dan narasi positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Beliau juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik berkat gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya," ujarnya.

Mengakhiri pidatonya, Prof. Dr. Maimun mengajak seluruh komponen bangsa untuk bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. "Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila!," tutupnya.

Upacara ini menjadi momentum penting bagi seluruh civitas akademika IAIN Madura untuk merenungkan kembali makna Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya menjaga keutuhan dan kerukunan bangsa.

 


Penulis: Achmad Firdausi               Fotografer: Suyitno