Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Gandeng Tim Mubadalah, IAIN Madura Gelar Kuliah Umum dan Pelatihan Penulisan

  • Diposting Oleh Arya Primadi Nugroho
  • Rabu, 11 September 2024
  • Dilihat 105 Kali
Bagikan ke

Tiga hari terakhir (9-11 September 2024), IAIN Madura menggelar kuliah umum dan pelatihan penulisan konten kreatif dan artikel populer. Acara bertajuk “Narasi Perempuan Madura” tersebut berlangsung di Hotel Odaita, Pamekasan, dengan difasilitasi tim Mubadalah Goes to Campus (MGTC).

Hari pertama diisi dengan kuliah umum dengan tajuk “Perempuan Madura; Dari Perspektif Insider hingga Trilogi KUPI” dengan mendatangkan dua narasumber, yakni Munawaroh (atau yang dikenal dengan Muna Masyari) dan Dr. Nur Rofi’ah, Bil. Uzm.” Selain ke-26 peserta pelatihan, acara ini dihadiri delegasi organisasi perempuan se-Pamekasan dan representasi dosen serta tendik di lingkungan IAIN Madura.

 

Moh. Farah Ubaidillah, ketua panitia pelaksana, menuturkan bahwa unsur mahasiswa terdiri dari dua kategori, yakni peserta yang lulus seleksi dan peserta dari jalur afirmasi lembaga pers kampus/komunitas menulis di IAIN Madura. Peserta pelatihan menurutnya akan mengikuti rangkaian acara hingga hari ketiga, berbeda dengan peserta kuliah umum di hari pertama.       

Dalam sambutannya ketika membuka acara, rektor Dr. Saiful Hadi, M. Pd menyebutkan bahwa IAIN Madura sangat mengapresiasi kinerja para dosen dan tendik perempuan  melalui berbagai promosi jabatan sebagai pengakuan atas partisipasi dan kompetensi. Ia juga menggarisbawahi bahwa peran perempuan Madura dalam kosmos taneyan lanjhang-pun tidak hanya terbatas pada sektor domestik, tetapi juga publik.  

 

Sementara itu, salah satu fasilitator dari tim MGTC, Zahra Amin, mengungkapkan bahwa  kurikulum pelatihan didesain sedemikian rupa untuk membekali basic skills peserta, mulai dari perumusan konten hingga serba-serbi SEO (Search Engine Optimization) untuk memaksimalkan jangkauan pembaca. 

 

Untuk itu, berdasarkan minat dan kecenderungannya, peserta pelatihan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas penulisan artikel populer yang difasilitasi Zahra Amin dan Fachrul Misbachuddin serta kelas pembuatan konten kreatif dengan mentor Abdulloh dan Vevi Alfi Maghfiroh.

Acara yang terselenggara atas kerjasama PSGA (Pusat Studi Gender & Anak) dan RMB (Rumah Moderasi Beragama) IAIN Madura tersebut diharapkan memiliki dampak sustainability jangka panjang. Selain berkontribusi di situs resmi mubadalah.id, peserta didorong untuk secara konsisten mempublikasikan karyanya di berbagai kanal seperti situs resmi kampus, media komunitas, sindikasi media ke-Islaman atau berbagai platform media sosial.

 


Penulis: Masyithah Mardhatillah             Editor: Arya Primadi Nugroho           Fotografer: Istimewa