Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Pengembangan Layanan Bahasa Mandarin: UPT Bahasa IAIN Madura goes to Confucius Institute UNESA Surabaya

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Jumat, 17 Mei 2024
  • Bagikan ke

Pamekasan - Tim Unit Pelaksana Teknis Bahasa (UPT Bahasa) Institut Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura) melaksanakan perjalanan dinas ke Confucius Institute, UNESA Surabaya. Tim UPT Bahasa diwakili oleh 4 personel, Abdul Wafi, Siti Maisaroh, Moh. Syafik, dan Fadhila Natha Adriyani tiba dikantor Confucius Institute UNESA Surabaya pada Rabu (15/05/2024) Kami disambut hangat oleh pengelola Confucius Institute UNESA Surabaya.

Maksud kedatangan Tim UPT Bahasa ke Confucius Institute UNESA Surabaya adalah untuk studi banding terkait pengembangan layanan Bahasa Mandarin yang rencananya akan dilaksanakan juga di IAIN Madura. Terlebih lagi, IAIN Madura telah kedatangan seorang penerjemah Bahasa Mandarin, yakni Ibu Fadhila yang kami harapkan akan menjadi pionir pengembangan Bahasa Mandarin di IAIN Madura.

Confucius Institute sendiri adalah program promosi pendidikan dan budaya publik yang saat ini didanai dan diatur oleh Yayasan Pendidikan International Tiongkok, sebuah organisasi non pemerintah yang dikelola pemerintah dibawah kementerian Pendidikan Republik Rakyat China (RRC).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala UPT Bahasa disambut hangat dan penuh rasa persahabatan oleh Pak Sueb dan Pak Yang. Dalam kegiatan tersebut, diskusi dimulai dengan memperkenalkan lembaga-masing-masing, dan kemudian membicarakan program kerjasama, khususnya program peningkatan Bahasa Mandarin di UPT Bahasa IAIN Madura.

Confucius Institute memiliki beberapa program-program yang memungkinkan untuk dikembangkan di IAIN Madura seperti program pengembangan Bahasa dan kebudayaan China. Secara kenegaraan, pemerintah Tiongkok dan pemerintah Indonesia telah menjalin kerjasama dibidang pengembangan pendidikan dan lainnya.

Confucius Institute menyambut baik kedatangan tim UPT Bahasa IAIN Madura. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan Tiongkok sangat pesat dan masif, sehingga kita harus mempersiapkan diri untuk ikut berpartisipasi dan berkolaborasi dalam berbagai hal, khususnya dalam bidang pendidikan yang salah satunya melalui pengembangan bahasa Mandarin.

Selama kurang lebih 4 jam kami berdiskusi hangat, kami berkomitmen untuk saling berkontribusi dan saling mendukung demi kemajuan lembaga masing-masing. Pak Yang sangat berterimakasih atas kedatangan tim UPT Bahasa IAIN Madura dan menawarkan beberapa program kegiatan pengembangan Bahasa Mandarin, seperti pemagangan mahasiswa, pertukaran guru Bahasa Mandarin, tes sertifikasi Bahasa Mandarin (HSK), dan menawarkan peluang beasiswa.

Kepala UPT Bahasa, Abdul Wafi juga mengucapkan terimakasih karena telah disambut dengan sangat baik dan penuh kekeluargaan, dan akan menindaklanjuti peluang-peluang yang ditawarkan.

Pertemuan diakhiri dengan sesi foto Bersama, pemberian cinderamata khas Tiongkok, dan kenang-kenangan. Tepat jam 13.30, kami undur diri dan berpamitan dengan pak Sueb, Pak Yang, dan seluruh staf Confucius Institute UNESA Surabaya.

 


Editor: Achmad Firdausi              Pewarta: Abdul Wafi