Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

UPT Bahasa IAIN Madura Gelar FGD Evaluasi Program FLDP: Perkuat Kompetensi Bahasa Asing Menuju World Class University

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Rabu, 11 September 2024
  • Dilihat 84 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa IAIN Madura mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Program Foreign Language Development Program (FLDP) di Hotel Cahaya Berlian, Pamekasan, pada Rabu (11/09/2024). Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri berkompeten, yaitu Prof. Dr. M. Abdul Hamid, M.A., Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Dr. Muhammad Budiono, M.Pd.I., Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I dan II, Plt. Kabiro AUAK IAIN Madura, para Dekan dan Wakil Dekan, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kepala UPT Bahasa, serta pejabat struktural dan stakeholder terkait di lingkungan IAIN Madura. Dalam sambutannya, Kepala UPT Bahasa, Abdul Wafi, M.Pd., menekankan pentingnya pengembangan berkelanjutan program FLDP.

"Kita terus berupaya untuk mengembangkan program ini. Tidak hanya mahasiswa, dosen juga menginginkan adanya program khusus FLDP bagi dosen," ujar Abdul Wafi. Ia juga menekankan perlunya evaluasi berkelanjutan dari pemangku kebijakan di fakultas terkait pelaksanaan program ini, baik dari segi tutor maupun pengembangan kurikulum. Selain itu, ia berharap adanya dukungan penuh dari pimpinan untuk keberlanjutan program ini.

Keterangan: Foto bersama seluruh peserta dan narasumber

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Maimun, S.Ag., M.H.I., dalam sambutannya yang mewakili Rektor, menyatakan bahwa program FLDP merupakan bagian penting dari upaya mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) IAIN Madura. “Dengan program FLDP ini, harapannya kita bisa meningkatkan kompetensi bahasa asing mahasiswa, sehingga alumni IAIN Madura memiliki keterampilan bahasa asing yang teruji," tuturnya.

Prof. Dr. Maimun juga menegaskan bahwa program FLDP adalah bagian dari persiapan menuju World Class University, karena penguasaan bahasa asing merupakan modal utama dalam persaingan global. "Pimpinan siap mendukung program ini secara maksimal. Kami juga berharap ada masukan dari kedua pemateri terkait inovasi pengembangan dan peningkatan kegiatan FLDP ini agar dapat berjalan lebih baik dan mendapat animo lebih besar dari mahasiswa," tambahnya.

Lebih jauh, ia berharap ada output yang signifikan dari program ini, sehingga di tahun mendatang bisa dilakukan asesmen kompetensi bagi mahasiswa oleh Tim LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) IAIN Madura. Melalui kegiatan ini, IAIN Madura berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi bahasa asing di lingkungan kampus, sebagai bagian dari upaya menuju institusi pendidikan berkelas dunia.

Kegiatan ini ditutup dengan doa oleh Dr. Buna’I, S.Ag., M.Pd., dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari kedua pemateri yang membahas berbagai inovasi dan strategi untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik program FLDP di IAIN Madura.

 


Penulis: Achmad Firdausi              Fotografer: Istimewa