Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

UPT Perpustakaan Gelar Puncak Pekan Kunjung Perpustakaan 2024, Dorong Literasi Mahasiswa Menuju UIN Madura

  • Diposting Oleh Achmad Firdausi
  • Selasa, 17 September 2024
  • Dilihat 61 Kali
Bagikan ke

Pamekasan – UPT Perpustakaan IAIN Madura menggelar puncak acara Pekan Kunjung Perpustakaan sekaligus memperingati Hari Santri dengan tema "Literasi Menyala Menuju UIN Madura" di Aula Said Nursi Corner, UPT Perpustakaan IAIN Madura pada Selasa (17/09/2024). Acara ini dihadiri oleh pimpinan kampus, termasuk Wakil Rektor 1 dan 3, Plt. Kepala Biro AUAK, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Kabag Akademik dan Layanan Umum, Kepala Perpustakaan, serta civitas akademika IAIN Madura yang berprestasi dalam sejumlah lomba yang digelar selama pekan kunjungan.

Selama Pekan Kunjung Perpustakaan yang berlangsung dari 15 Agustus hingga 13 September 2024, UPT Perpustakaan IAIN Madura menyelenggarakan berbagai kegiatan kompetitif, seperti pemilihan Duta Baca Perpustakaan, turnamen Tenis Meja, kompetisi Mobile Legend, pemilihan Staf Perpustakaan Terfavorit, serta Book Fair. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mendekatkan perpustakaan dengan mahasiswa dan mendorong peningkatan minat baca di kalangan civitas akademika.

Keterangan: Launching Jurnal Taretan yang diwakili oleh pengelola rumah jurnal IAIN Madura Ibu Masyitah Mardatillah

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Mustajab, S.Ag., S.IP., M.Pd. menyampaikan, "Seluruh agenda kegiatan dan lomba ini kami adakan untuk memperkenalkan perpustakaan lebih dalam kepada civitas akademika, terutama mahasiswa. Kami ingin mereka tahu bahwa perpustakaan IAIN Madura memiliki semua fasilitas dan media pembelajaran yang mereka butuhkan selama kuliah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa.”

Wakil Rektor 1 IAIN Madura, dalam sambutannya, menyambut baik acara ini dan menekankan pentingnya literasi di kalangan mahasiswa. "Seluruh rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat mahasiswa dalam berkunjung dan membaca di perpustakaan. Kami juga terus mendorong UPT Perpustakaan untuk menambah koleksi literatur, baik dalam bentuk cetak maupun e-book, terutama untuk mendukung program studi baru seperti sains dan teknologi," ujarnya.

Keterangan: Para pemenang pemilihan Duta Baca Perpustakaan IAIN Madura

Selain itu, acara puncak juga menjadi momentum launching Jurnal Taretan (Journal of Library Information System), yang diharapkan Wakil Rektor 1 dapat menjadi wadah konsisten untuk literasi menulis di kalangan civitas akademika. "Kami berharap jurnal ini tidak hanya menjadi wadah, tetapi juga dapat terbit secara konsisten dua kali dalam setahun," tegasnya.

Acara ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Kabag Akademik dan Layanan Umum Dr. Abdus Syakur, S.Ag., M.Pd., serta pemberian penghargaan kepada para juara dalam berbagai kategori. Di antaranya adalah Duta Baca Terbaik: Arinal Haq Fauziah, Juara 1 Tenis Meja: M. Muqowwimul Ansori (Karyawan Pascasarjana), Juara 2 Tenis Meja: Try Subakti, M.H. (Dosen Fakultas Syariah), Staf Favorit Perpustakaan: Qori' Wahyudi, S.I.Pust., Juara 1 Esport Mobile Legends: 7 HEAVEN, dan Juara 2 Esport Mobile Legends: SKYLINE.

Keterangan: Foto juara pertandingan mobile legend dengan Wakil Rektor III

 


Penulis: Achmad Firdausi              Fotografer: Istimewa