Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Tingkatkan Kualitas Mahasiswa Dalam Mengajar

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Rabu, 15 Juli 2015
  • Dilihat 19 Kali
Bagikan ke

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan mengajar bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa Jurusan Tarbiyah. Salah satu program yang sangat penting adalah Program Praktik Mengajar 2 (PM2). Program ini dikhususkan kepada para mahasiswa Tarbiyah, baik Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA) maupun Tadris Bahasa Inggris (TBI). PM2 tahun 2014 bertempat di 22 sekolah di Kabupaten Pamekasan, mulai dari tingkat MTsN/SMPN sampai tingkat SMA/MAN dan beberapa sekolah serta madrasah swasta. Setiap sekolah diberikan kurang lebih 19 mahasiswa sesuai dengan lembaga sekolah masing-masing.

Menurut Abd. Mukhid, Kepala Laboratorium Tarbiyah, PM2 Program S-1 Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan dilaksanakan selama satu setengah bulan, baik pada semester genap maupun semester gasal. Pelaksanaan PM2 dilakasanakan sesuai dengan sekolah/madrasah sebagaimana dalam perjanjian kerjasama sebelumnya. Syarat peserta PM2 ini harus terdaftar sebagai mahasiswa aktif STAIN Pamekasan Jurusan Tarbiyah Tahun Akademik 2014/2015 dan lulus mata kuliah Praktik Pendidikan Lapangan (PPL-1). Kemudian mengisi formulir pendftaran mahasiswa peserta program PM2 di akademik sesuai dengan Prodi masing-masing. Selama PM2 berlangsung mahasiswa wajib mematuhi peraturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah Mitra.
Sedangkan persyaratan dosen untuk menjadi Dosen Peninjau Lapangan (DPL) adalah dosen tetap Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan yang mendapatkan SK dari Ketua STAIN Pamekasan. Adapun persyaratan menjadi guru pamong mahasiswa adalah guru yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah masing-masing. Abd. Mukhid menuturkan bahwa penentuan penempatan para mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik Mengajar 2 ini dilaksanakan secara acak. Hal tersebut merupakan salah satu cara guna menjaga keseimbangan mereka dalam proses pelaksanaan praktik mengajar, sekaligus meratakan mereka di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Pamekasan. Jika kiranya sekolah yang di tempati kurang begitu bagus maka akan ditempatkan mahasiswa yang mempunyai banyak skill sehingga mereka bisa dan mampu membuat sekolah lebih maju dan memperbaiki proses belajar mengajar.

Pelaksanaan PM2 ini mempunyai dua tujuan, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum. Tujuan khusus dari pelaksanaan PM2 ini agar mahasiswa program S-1 Jurusan Tarbiyah siap menjadi tenaga pendidik profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Adapun tujuan umum dari pelaksanaan PM2 ini adalah guna mempersiapkan guru pada Jurusan Tarbiyah yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan perubahan bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi maupun perubahan yang terjadi di masyarakat pada umumnya.