Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 6123433

Email

info@iainmadura.ac.id

Penandatanganan MOU antara STAIN & PEMKAB Pamekasan tentang Pengelolaan Koperasi Berbasis Prinsip-prinsip Syariah

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 8 Desember 2015
  • Bagikan ke

Hari Selasa, 8 Des 2015, jam 08.00 di pendopo ronggo sukowati ada kegiatan Penandatanganan MOU antara STAIN & PEMKAB Pamekasan tentang "Pengelolaan Koperasi Berbasis Prinsip-prinsip Syariah".

Tujuan MOU ini, utk menyiapkan & membiayai gerakan Koperasi sesuai dg kapasitas dan kemampuannya, serta utk pembinaan berupa bimbingan teknis tentang tata cara pembuatan pembukuan, manajemen koperasi prinsip-prinsip syariah & pelatihan untuk mendukung kemajuan koperasi syariah di kab. Pamekasan.

Ruang lingkupnya; Dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis Koperasi melalui prinsip-prinsip ekononi syariah sehingga terhindar dr transaksi RIBA.Kerjasama sebetulnya pelaksanaannya sudah dimulai dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Pengabdian pada Masyarakat (KPM integratif) agustus-september 2015 yg lalu.

MOU  ini hakikatnya mendorong pemkab agar dapat merealisasikan misinya yg memiliki keinginan untuk membangun 1 desa 1 KOPERASI SYARIAH "untuk menghindari transaksi-transaksi berbau RIBA yg telah menyebar sampai ke plosok desa.MOU ini juga sesuai dgn misi, visi Jurusan Ekonomi & Bisnis Islam STAIN Pamekasan, Untuk menyejahterakan rakyat melalui pengembangan ekonomi berbasis syariah.

Pada akhir tahun ini 2015, antara Dinkop & UKM serta Jurusan Ekonomi Bisnis Islam (JEBIS) telah  memberdayakan 23 koperasi syariah pada 23 desa/kelurahan di kab. Pamekasan. Sementara target Dinkop & UKM pd tahun 2016, berkeinginan seluruh koperasi di kab. Pamekasan, manajemen pengelolaannya sdh berbasis syariah, dg demikian STAIN Pamekasan melalui Jurusan Ekonomi & Bisnis Islam (JEBIS) siap mendukung dan mendorong terealisasinya target tersebut.