Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Amalan Bulan Ruwah (Sya’ban) Penembus Ramadhan

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Senin, 30 Mei 2016
  • Bagikan ke

Ditulis Oleh: Moh Andy nuruddin Mahasiswa Prodi PBA STAIN Pamekasan Semester 6.

Sya’ban adalah istilah bahasa arab yang berasal dari kata syi’ab yang artinya jalan di atas gunung, sya’ban merupakan salah satu bulan yang istimewa karena terletak di antara dua bulan mulia yaitu rajab dan ramadhan.

Karena letaknya yang mendekati ramadhan, bulan sya’ban memiliki berbagai hal yang dapat memperkuat keimanan umat islam yang dapat memulai mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan yang paling mulia dengan penuh suka cita ini.

Pada bulan ini umat islam di anjurkan untuk memperbanyak berdzikir dan meminta ampunan serta pertolongan dari Allah SWT. Pada bulan ini, sungguh Allah banyak sekali menurunkan kebaikan-kebaikan berupa syafaat (pertolongan), magfirah (ampunan), dan itqun min adzabin naar (pembebasan dari siksa api neraka).

Di samping anjuran di atas, shodaqoh dan menjalin silaturrahim juga di anjurkan di bulan sya’ban ini, sehingga ketika umat islam mengadakan shodaqoh dan silaturrahim dengan cara saling memberi makanan pada para kerabat dan keluarga, bulan sya’ban ini menjadi bulan yang istimewa tersendiri bagi umat islam,

Dan dari sini pula bulan sya’ban juga sering dikatakan bulan ruwah karena saling kirim makanan dan menyimbolkan persaudaraan dan mempererat ikatan silaturrahim kepada sesama muslim.