Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 898-9700-500

Email

info@iainmadura.ac.id

Hi Muslim.. Apa Kabar Imanmu Hari Ini

  • Diposting Oleh Admin Web IAIN Madura
  • Selasa, 31 Mei 2016
  • Dilihat 19 Kali
Bagikan ke

Penulis : Fitriyatun   Mahasiswi : STAIN Pamekasan  Semester VI Prodi PBA

Hari kehari apabila kita perhatikan dan sejenak berpikir, betapa problematika yang terjadi saat ini sangatlah memilukan hati. Berbagai macam cara  dilakukan manusia  hanya demi mendapatkan uang. Disamping karena tuntutan zaman yang semakin menggila, kebutuhan yang tidak mampu di jangkau dengan harga murah dan biasa.maka tidak heran jika manusia kadang sering mengambil jalan pintas tanpa memikir ulang bahwa tindakannya telah membuat dirinya merugi. 

Untuk melanjutkan artikel ini, Penulis akan sedikit bercerita. Suatu ketika.saya  beserta teman menyempatkan berlibur ke kota lain, karena ada yang ingin kami beli, kami mampir ke sebuah toko Cloting namanya, Saat kami berjalan-jalan di karidor, betapa terkejutnya kami, kami kaku dan tidak menyangka dengan apa yang kami lihat hari itu. 

Perempuan yang tidak lagi kami ragukan keimanannya,perempuan yang  selalu mengingatkan ataupun  membangunkan kami ketika tiba waktu sholat wajib ataupun sholat sunnah, dan tidak jarang dia memperingatkan kami dengan bahasa-bahasa halusnya’’ jangan pernah sakali kali kalian tanggalkan kerudung kalian, dan berpakainlah sesuai syariat islam’’.! Kami akui berteman dengannya kami merasa aman, dalam artian kami jauh dari fitnah dunia. Dan akhirnya kami sadar, bahwa kita beberapa menit telah mematung dan tidak sadar.

Kemudian  kami menyapanya sebagaimana teman, dan iapun menyambut kami masih dengan bahasanya yang halus. ia mengajak kami duduk bersama di got samping toko itu. Saya masih dengan perasaan tak menyangka  bahwa apa yang saya lihat hari ini adalah nyata. Pemandangan yang aneh bagi saya jika melihat Ira (bukan nama asli) tanpa hijab bahkan tubuhnya agak terbuka. Bukankah ini mustahil?. Kenapa seperti ini ? pertanyaan itu muncul pertama kali dariku untuknya, ‘’Orang tuaku tak sanggup lagi membiayai kuliahku dan aku tidak ingin kuliahku putus di tengah jalan,hutangku sudah banyak dan aku tidak mau membebani kedua orang tuaku dengan hutang-hutangku, saat ini beliau sakit. Alasan kenapa aku menanggalkan kerudungku, itu karena pekerjaan ini tidak menerima karyawan berjilbab. Bahkan kadang untuk sholatpun aku tak menentu, karena begitu banyak pelanggan yang harus kami layani disini’’. Jawab ira panjang lebar. 

Tidakkah kita sadar? Dari cerita itu, begitu mudahnya seseorang manggadaikan iman. Hanya dengan uang? Hanya karena kebutuhan yang begitu mendesak? Hanya dengan satu sentuhan iming-iming duniawi ? kalian rela merusak iman yang selama ini kalian jaga !! Iman yang seharusnya kita jaga dan pupuk,sehingga dengan iman itulah kita lebih dekat kepada Allah dan dengan mudah meraih Ridho-NYA. Dan tentunya dengan iman kita dapat selamat di akhirat kelak.seperti yang telah di janjikan Allah dalam Alqur’an.

إن الذين أمنوا وعملو الصالحت لهم جنة النعيم (لقمن :8)

Artinya: sesungguhnya orang –orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal sholeh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan (luqman:8) Betapa bahagianya jika kita termasuk diantara orang – orang yang beriman dan senantiasa mengerjakan amal-amal sholeh. Wahai kalian.. mari bersama-sama menata diri. Lebih –lebih menjaga iman kita.  Jangan sampai iman yang kita miliki terampas oleh hal yang sepeleh dan kita menjadi hamba-NYA yang tidak diridhoi.! Naudzubillah.  

Hidup didunia ini ibarat menabung, menyiapkan segala sesuatu,termasuk iman, yang akan kita jadikan  bekal nantinya kembali ke tempat kita yang sesungguhnya, yakni akhirat. Ingat ..! Tujuan hidup ini bukan hanya didunia saja, tentu yang lebih utama adalah menggapai karunia Allah SWT.